Selasa 05 Oktober 2021, 19:03 WIB

Nadiem Janji Prioritaskan Kesejahteraan Guru

Faustinus Nua | Humaniora
Nadiem Janji Prioritaskan Kesejahteraan Guru

Antara
Mendikbudristek Nadiem Makarim saat berbincang dengan pelajar yang akan divaksin covid-19.

 

MENTERI Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Dikbud-Ristek) Nadiem Makarim menyatakan bahwa pihaknya mendukung dan memperhatikan kesejahteraan guru. 

Di samping itu, kualitas para pendidik juga akan terus ditingkatkan lewat berbagai program di bawah Kementerian Dikbud-Ristek.

"Kami terus mendengarkan masukan dari lembaga, serta memprioritaskan peningkatan kesejahteraan dan kualitas guru. Demi kemajuan Indonesia di masa mendatang," ujar Nadiem dalam pidato Hari Guru Sedunia 2021, Selasa (5/10).

Baca juga: Kemendikbud-Ristek Sebut Ada Afirmasi Baru dalam Seleksi Guru PPPK 2021

Menurutnya, kerja keras dan dedikasi guru sangat besar dalam mendidik anak bangsa. Peran guru penting untuk mewujudkan generasi Pancasila yang cerdas dan berkarakter. Dirinya pun mengapresiasi dan berterima kasih atas pengabdian para pahlawan tanpa tanda jasa.

Pada Hari Guru Sedunia, Nadiem mengingatkan tantangan dalam pemanfaatan teknologi oleh para guru. Apalagi di masa pandemi covid-19, teknologi menjadi hal yang harus, bahkan wajib dipahami pendidik sebagai tenaga pengajar.

"Guru ditantang untuk melakukan pemanfaatan teknologi pembelajaran daring yang menarik. Sementara di daerah yang sulit akses internet, banyak guru yang menantang risiko dengan mengajar dari rumah ke rumah," imbuhnya.

Baca juga: BRIN Pastikan Riset Covid-19 Tetap Berjalan

Untuk membantu para guru, pemerintah pun merancang sejumlah kebijakan. Mulai dari relaksasi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk gaji guru honorer, hingga subsidi kuota internet.

"Kami memberikan opsi bagi guru untuk menerapkan kurikulum darurat yang lebih ramping dan sederhana. Kami membagikan modul pembelajaran untuk membantu daerah yang sulit internet. Kami mengembangkan platfom guru untuk belajar dan berbagi," jelas Nadiem.

Pihaknya juga gencar memberikan kebijakan afirmasi dalam seleksi PPPK. Dengan kebijakan itu, para guru honorer diharapkan bisa mendapat kesempatan untuk memperbaiki kesejahteraan hidup.(OL-11)
 

Baca Juga

Dok. fabe-Castell

Bantu Siapkan Tahun Ajaran Baru, Faber-Castell Kampanyekan #Amanberkreasi dan Promo Khusus

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 19:56 WIB
Orang tua harus memilih produk yang aman hal ini dikarenakan saat anak sedang asyik menulis, menggambar atau mewarnai, ada risiko residu...
Dok. Coverse

Basboi dan Atta Wakili Indonesia di Ajang Converse All Stars Paris Tyler The Creator Talk

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 19:38 WIB
Converse menggelar ajang pengalaman seru 2 hari itu dengan tujuan untuk lebih menyemarakkan kehadiran Converse di Paris dan melibatkan...
dok.KNPI

DPP KNPI Desak PT FI Sikapi Audit LHP Kontrak Karya 2013-2015

👤Selamat Saragih 🕔Rabu 29 Juni 2022, 19:30 WIB
KETUM DPP KNPI Haris Pertama, meminta PT Freeport Indonesia (FI) supaya menindaklanjuti audit Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) terkait...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya