Jumat 26 Februari 2021, 14:05 WIB

BPK Minta LPJ Keuangan Komnas Perempuan Terpisah dari Komnas HAM

Suryani Wandari Putri Pertiwi | Humaniora
BPK Minta LPJ Keuangan Komnas Perempuan Terpisah dari Komnas HAM

Twitter
Kunjungan tim BPK ke Komnas Perempuan, Rabu (24/2).

 

BADAN Pemeriksa Keuangan (BPK) meminta agar laporan keuangan Komisi Nasional Perempuan terpisah dari Komisi Nasional HAM (Komnas HAM) untuk tahun anggaran 2020.

"Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pemeriksaan laporan keuangan tahun ini, Komnas Perempuan akan dibuatkan laporan tersendiri sebagai identitas lembaga yang terpisah dari Komnas HAM walaupun dalam praktiknya pengelolaan keuangan negara masih dibawah satuan kerja Komnas HAM," demikian isi pernyataan Komnas Perempuan.

Bagi Komnas Perempuan, upaya yang dilakukan oleh BPK RI adalah merupakan bentuk penguatan dukungan negara untuk upaya penghapusan kekerasan terhadap perempuan

Perwakilan BPK Mohammad Nashir Salim, menyampaikan bahwa pemeriksaan laporan keuangan ini bukan untuk mencari kesalahan.

"Tetapi bagaimana pengelolaan keuangan negara ini dapat dijalankan sesuai dengan tata peraturan yang ada, sehingga tidak berdampak pada kerugian negara, potensi kerugian negara, ketidakefisienan dan ketidakefektifan dalam melakukan pengelolaan keuangan negara," katanya saat mengunjungi Komnas Perempuan, Rabu (24/2).

BPK mengapresiasi terhadap usaha Komnas Perempuan dalam melakukan beberapa perbaikan guna mendukung akuntabilitas dan efektifitas dalam melakukan pengelolaan anggaran negara.

Pemeriksaan laporan keuangan TA 2020 ini akan dilakukan sampai dengan empat (4) minggu ke depan dan tim BPK RI sangat berharap Komnas Perempuan dapat memberikan informasi dan data-data dengan tepat, guna mendukung pencapaian pertanggungjawaban laporan keuangan negara khususnya untuk satuan kerja Komnas HAM tepat waktu dan tepat opini.

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua Komnas Perempuan Mariana Amiruddin menyampaikan beberapa hal terkait kelembagaan Komnas Perempuan, termasuk di dalamnya program kerja yang tertuang dalam Rencana Strategis Komnas Perempuan 2020 -2024.

"Dalam diskusi ini juga disampaikan beberapa informasi lainnya terkait pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh Komnas Perempuan termasuk sistem dan mekanisme pelaporan keuangan dan bagaimana pengelolaan sumber daya manusia yang ada membantu dalam pelaksanaan pencapaian output yang diharapkan dalam setiap program kerjanya," kata Mariana. (H-2)

Baca Juga

DOK UNIKA SANTO PAULUS RUTENG (https://unikastpaulus.ac.id/fkip-unika-santu-paulus-ruteng-gelar-konferensi-internasional/)

FKIP Unika Santo Paulus Ruteng Gelar Konferensi Internasional

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 Juli 2021, 10:36 WIB
Konferensi Internasional yang berlangsung secara daring melalui platform media zoom meeting itu, menghadirkan 6 (enam) pembicara kunci yang...
Antara

KAI Sudah Vaksinasi Covid 20.334 Penumpang di Stasiun

👤Insi Nantika Jelita/Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 30 Juli 2021, 09:55 WIB
PT Kereta Api Indonesia (Persero) bersama anak usahanya yakni KAI Commuter memberikan layanan vaksinasi covid-19 gratis. Hingga Kamis...
Ant

BPJS Kesehatan Masuk Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Terpuji 2021

👤Atalya Puspa 🕔Jumat 30 Juli 2021, 09:50 WIB
BPJS Kesehatan berhasil menyabet penghargaan Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji Klaster Lembaga Pemerintahan dalam Kompetisi Inovasi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Atletik Jadi Lumbung Medali

SALAH satu cabang olahraga yang akan sangat menarik untuk disaksikan di Olimpiade 2020 ialah atletik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya