Kamis 04 Februari 2021, 00:30 WIB

Pagi atau Sore Waktu Olahraga Terbaik?

Mediaindonesia.com | Humaniora
Pagi atau Sore Waktu Olahraga Terbaik?

Antara/Reno Esnir.
Warga berolahraga di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, beberapa waktu lalu.

 

APAKAH tubuh kita lebih baik berolahraga pada waktu-waktu tertentu dalam sehari? Studi baru yang berguna tentang waktu olahraga dan kesehatan metabolisme menunjukkan bahwa, setidaknya bagi sebagian orang, jawabannya yaitu ya.

Studi tersebut, yang mengamati pria berisiko tinggi untuk diabetes tipe 2, menemukan bahwa mereka yang menyelesaikan latihan sore hari meningkatkan kesehatan metabolis mereka jauh lebih banyak daripada mereka yang melakukan latihan yang sama pada pagi hari. Hasilnya menambah bukti yang berkembang bahwa saat kita berolahraga turut menentukan manfaat dari latihan itu.

Ilmuwan telah mengetahui selama beberapa waktu bahwa kronologi keseharian memengaruhi kualitas kesehatan kita. Studi pada hewan dan manusia menunjukkan bahwa setiap jaringan di tubuh kita berisi semacam jam molekuler yang berbunyi. Sebagiannya sebagai respons terhadap pesan biologis yang terkait dengan paparan harian kita terhadap cahaya, makanan, dan tidur.

Disetel oleh gaya hidup kita, jam sel kita mendorong suhu tubuh, kadar hormon, gula darah, tekanan darah, kekuatan otot, dan sistem biologis lain untuk turun dan naik sepanjang hari.

Pada studi 2019 yang banyak dibahas menemukan bahwa pria dengan diabetes tipe 2 yang menyelesaikan beberapa menit sesi interval intensitas tinggi di sore hari secara substansial meningkatkan kontrol gula darah mereka setelah dua minggu. Tapi, jika mereka melakukan latihan intens yang sama di pagi hari, kadar gula darah mereka melonjak dengan cara yang tidak sehat.

Patrick Schrauwen, profesor ilmu nutrisi dan pergerakan di Maastricht University Medical Center di Belanda, membaca studi pada 2019 itu dengan penuh minat. Dia dan rekan-rekannya telah mempelajari olahraga sedang pada orang dengan diabetes tipe 2, tetapi dalam penelitian mereka tidak mempertimbangkan kemungkinan peran waktu. Sekarang, setelah melihat efek yang berbeda-beda dari latihan yang intens, dia bertanya tentang waktu latihan yang sedang mungkin juga memengaruhi metabolisme.

Schrauwen dan rekan-rekannya lantas mengambil data dari 12 pria yang secara konsisten berolahraga antara jam 8 pagi dan 10 pagi dan membandingkan mereka dengan 20 pria lain yang selalu berolahraga antara jam 3 sore dan 6 sore. Mereka menemukan bahwa manfaat olahraga sore secara meyakinkan mengalahkan manfaat olahraga pagi.

Olahraga ringan di sore hari dapat memengaruhi makanan yang kita konsumsi di sore hari dan membantu mempercepat metabolisme makanan terakhir sebelum mereka pergi tidur.

Setelah 12 minggu, pria yang mengayuh sepeda di sore hari menunjukkan sensitivitas insulin rata-rata yang jauh lebih baik daripada yang berolahraga pagi. Ini menghasilkan kemampuan yang lebih besar untuk mengontrol gula darah. Mereka juga telah mengurangi lemak di sekitar bagian tengah mereka daripada di pagi hari, meskipun rutinitas olahraga semua orang sama.

"Saya percaya bahwa berolahraga lebih baik daripada tidak berolahraga, terlepas dari waktunya," kata Schrauwen. "Namun, penelitian ini memang menyarankan olahraga sore lebih bermanfaat untuk orang dengan metabolisme terganggu dibanding olahraga yang sama pada [agi hari."  

Studi tersebut, dalam Physiological Reports, hanya melibatkan pria. Metabolisme wanita mungkin merespons secara berbeda.

Pada akhirnya, kata Schrauwen, pola olahraga tertentu dan paling efektif untuk kita masing-masing akan selaras dengan rutinitas harian kita dan kecenderungan berolahraga. Karena olahraga itu baik untuk kita setiap saat sepanjang hari, tetapi hanya jika kita memilih untuk terus melakukannya. (Irishtimes.com/OL-14)

Baca Juga

MI/HO

Masyarakarat dan Pengelola Berkolaborasi Lindungi Populasi dan Habitat Pari Mantra

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 00:22 WIB
Potensi mengenai populasi pari manta dan habitat mereka di kawasan ini masih belum banyak...
Dok Dompet Dhuafa

Kolaborasi Dompet Dhuafa-Lotte Mart di Tebar Hewan Kurban

👤Media Indonesia 🕔Senin 27 Juni 2022, 23:55 WIB
KOLABORASI program tebar hewan kurban (THK) yang digaungkan Dompet Dhuafa bersama Lotte Mart memasuki tahun...
MI/ANTON

UI Raih Penghargaan Tertinggi Liga PTN BH

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 22:05 WIB
IKU merupakan ukuran kinerja baru bagi perguruan tinggi untuk mewujudkan perguruan tinggi yang adaptif dengan berbasis luaran lebih...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya