Selasa 04 Agustus 2020, 14:27 WIB

Pemerintah Dorong Percepatan Destinasi Wisata di Bali Utara

Despian Nurhidayat | Humaniora
Pemerintah Dorong Percepatan Destinasi Wisata di Bali Utara

Antara/Fikri Yusuf
Wisatawan mengamati lumba-lumba yang muncul di wilayah utara Bali.

 

PEMERINTAH menyoroti peluang wilayah utara Bali menjadi destinasi pariwisata baru di Pulau Dewata. Selama ini, destinasi wisata Bali terpusat di wilayah selatan Bali.

Sebut saja, Kuta, Denpasar, Ubud, Sanur dan Nusa Penida. Jika tidak ada pemerataan destinasi wisata, pemerintah khawatir akan terjadi overload. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa, menyebut pemerintah mendorong percepatan destinasi wisata di Bali Utara.

"Bappenas sedang mendorong percepatan agar destinasi di Bali Utara bisa dipercepat. Misalnya, (fasilitas) bandara dan kereta api. Kita tahu di sana kaya sumber daya perikanan, pertanian dan peternakan," ungkap Suharso dalam seminar virtual, Selasa (4/8).

Suharso menilai wilayah utara Bali cenderung menonjolkan suasana alam. Berbeda dengan wilayah selatan Bali yang menonjolkan kekayaan budaya, terutama di Ubud.

Baca juga: PSBB Direlaksasi, Kunjungan Wisatawan ke Indonesia Meningkat

"Kekuatan Bali adalah culture. Jadi, saya berharap culture jangan dirusak dan budaya itu jadi core harus dijaga," imbuh Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini.

Lebih lanjut, dia menyampaikan gagasan terhadap pengembangan kawasan Ubud. Tepatnya di Puri Ubud untuk dibuat semacam forbidden city. Nantinya turis bisa melihat pura, menyaksikan seni tari dan melihat berbagai tradisi Bali.

"Saya ingin ada suatu destinasi yang sifatnya lebih khusus. Misalnya, di sana kita bisa bikin pertukaran budaya internasional. Kita bisa bikin jazz festival, tapi sifatnya akustik. Lalu, pelukis kelas dunia melukis di sana," pungkasnya.(OL-11)

Baca Juga

Antara

Picik kalau Benih Lobster Dilihat dari Sisi Bisnis Saja

👤Ardi T Hardi 🕔Kamis 03 Desember 2020, 14:20 WIB
SKANDAL korupsi benih lobster yang merupakan komoditas biodiversitas Indonesia mengambarkan buruknya pengelolaan biodiversitas...
MI/ BARY FATHAHILAH

Pantau Covid-19 Melalui Aplikasi Kesehatan Berbasis AI

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 03 Desember 2020, 14:15 WIB
Peneliti dan pakar informatika tengah mengembangkan teknologi artificial intelligence untuk membantu penanganan...
MI/Andri Widianto

Daikin Indonesia Donasi APD melalui Benihbaik dan DKMG

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Kamis 03 Desember 2020, 14:05 WIB
DOMPET Kemanusiaan Media Group (DKMG) bekerja sama dengan BenihBaik.com Menyalurkan donasi dari Daikin Indonesia senilai Rp100 juta kepada...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya