Rabu 27 November 2019, 07:10 WIB

Kasus Kekerasan Seksual masih Tinggi

(Ata/H-1) | Humaniora
Kasus Kekerasan Seksual masih Tinggi

. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Komisioner Komnas Perempuan Mariana Amiruddin memberikan paparan tentang catatan tahunan Komnas Perempuan 2018 di Jakarta, Rabu (7/3)

 

MASIH tingginya angka kekerasan seksual terhadap perempuan disebabkan masih kurangnya pemahaman baik legislatif, pemerintah maupun masyarakat tentang informasi berbagai kasus kekerasan seksual dan beragam kasusnya. "Oleh karena itu, Komnas Perempuan menetapkan pentingnya sosialisasi tentang kasus-kasus kekerasan seksual yang kerap kali tidak terbayangkan masyarakat umum," ujar komisioner Komnas Perempuan Mariana Amiruddin.

Diungkapkan, sepanjang 2016-2018, Komnas Perempuan mencatat terdapat 17.088 kasus kekerasan seksual, 42% dari total kasus kekerasan terhadap perempuan sejumlah 40.849. Artinya, rata-rata setiap tahunnya terdapat 5.696 kasus kekerasan seksual. Di antara kasus kekerasan seksual itu terdapat 8.797 kasus pemerkosaan atau 52% dari total kasus kekerasan seksual.

Bertepatan dengan Hari Antikekerasan terhadap Perempuan yang diperingati setiap 25 November, Komnas Perempuan mengajak seluruh lembaga pemerintah, organisasi masyarakat maupun komunitas, terus mengawal kasus kekerasan seksual dan mendokumentasikannya untuk kepentingan penanganan dan perlindungan. (Ata/H-1)

Baca Juga

MI/Bary Fathahilah

Kasus Konfirmasi Harian Naik, Masyarakat Diingatkan Tetap Disiplin Prokes

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 15:30 WIB
Selain terus menegakkan protokol kesehatan dan menyegerakan vaksinasi, masyarakat diminta menghindari serta mencegah terjadinya...
ANTARA / Aloysius Jarot Nugroho

Penjelasan Anak Umur 1-5 Tahun Belum Dapat Divaksinasi

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 14:30 WIB
Pemberian vaksin harus didahulukan pada orang dewasa atau remaja karena memiliki daya tahan tubuh yang paling...
ANTARA

Ini Pentingnya Jaga Jarak Kendaraan saat Lampu Merah

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 14:00 WIB
Pada saat lampu merah, dia juga menyarankan untuk tidak berfokus ada bagian depan saja melainkan sisi kanan kiri dan juga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya