Rabu 13 November 2019, 22:50 WIB

Guru Besar IPB Raih Penghargaan John Maddox Prize 2019

Melalusa Susthira K | Humaniora
Guru Besar IPB Raih Penghargaan John Maddox Prize 2019

MI/ BARY FATHAHILAH
Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) Profesor Bambang Hero Saharjo saat diwawancara di Taman Koleksi IPB

 

GURU Besar Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor, Bambang Hero Saharjo, meraih penghargaan anugerah sains bergengsi John Maddox Prize 2019 di London, Selasa (12/11).

Bambang dinilai telah banyak menggunakan fakta ilmiahnya di ruang pengadilan untuk menunjukkan kebenaran dalam menghadapi berbagai intimidasi dan tuntutan hukum terkait kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Menetapkan Profesor Bambang sebagai pemenang karena kegigihannya menggunakan data penelitiannya sebagai bukti untuk melawan pandangan yang salah terkait dengan kebakaran hutan di Indonesia," terang Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI London, E Aminudin Aziz, yang ikut menyaksikan penganugerahan, Rabu (13/11).

"Selamat untuk Pak Bambang. Selamat untuk IPB. Selamat untuk ilmuwan Indonesia," sambung Aziz.


Baca juga: Karateka Pelajar SD Indonesia Sabet Tiga Emas di Belgia


Bambang meraih penghargaan itu dengan menyisihkan 206 calon terpilih yang berasal dari 38 negara. Aziz menjelaskan pencalonan Bambang dalam John Maddox Prize 2019 dilakukan oleh seorang profesor asal Universitas Lancaster Inggris yang melihat riset dan perjuangan yang telah dilakukan Bambang perlu mendapat apresiasi tinggi dan pengakuan oleh ilmuwan lainnya maupun dunia internasional.

Aziz menjelaskan, pengumuman dan penganugerahan John Maddox Prize 2019 dilakukan di The Wellcome Collection, Euston, London. Adapun penghargaan tersebut diberikan kepada Bambang oleh anak perempuan John Maddox, yakni Robyn Maddox.

Acara tersebut dihadiri oleh lebih dari 100 ilmuwan terkemuka Inggris dengan pengantar yang disampaikan oleh editor majalah ilmiah terkemuka Nature.

Dewan juri John Maddox Prize terdiri dari tokoh-tokoh ilmuwan Inggris yang dihimpun oleh sebuah organisasi nirlaba bernama Sense about Science. Anugerah John Maddox Prize telah diberikan selama 8 tahun terakhir kepada para ilmuwan yang gigih mempertahankan pendapatnya berlandaskan fakta ilmiah, yang diperoleh berdasarkan penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan. (OL-1)

 

Baca Juga

Biro Pers Setpres

Presiden Berterima Kasih untuk Guru yang Mengabdi Selama Pandemi

👤Andhika Prasetyo 🕔Sabtu 28 November 2020, 17:50 WIB
Jokowi mengatakan keterbatasan saat ini harus dapat diatasi dengan kreativitas agar para murid dapat belajar dengan...
ANTARA/	Andreas Fitri Atmoko

Pemkab Klaten Perpanjang Status Darurat Potensi Letusan Merapi

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 28 November 2020, 16:25 WIB
Pemkab Klaten menetapkan perpanjangan ketiga kalinya status tanggap darurat mulai tanggal 25 November 2020 hingga 15 Desember...
Ist/KLHK

RI dan Bank Dunia Sepakati Pembayaran Pengurangan Emisi Karbon

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 November 2020, 16:17 WIB
Program Pengurangan Emisi Indonesia di provinsi Kalimantan Timur, yang memiliki populasi sekitar 3,5 juta penduduk, bertujuan untuk...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya