Jumat 07 Mei 2021, 18:30 WIB

Jelang Lebaran, Transaksi Produk Parsel Melonjak di Tokopedia

Ihfa Firdausya | Ekonomi
Jelang Lebaran, Transaksi Produk Parsel Melonjak di Tokopedia

Antara/Ari Bowo Sucipto.
Ilustrasi parsel.

 

DI masa pandemi, kegiatan saling mengirimkan parsel merupakan salah satu cara untuk menjaga tali silaturahmi dengan orang terdekat secara aman. Hal ini menyebabkan kenaikan transaksi parsel di toko daring Tokopedia.

"Transaksi produk parsel pun melonjak lebih dari tiga kali lipat selama kampanye Parsel Ramadan 2021 dibandingkan dengan bulan sebelum kampanye berjalan,” kata External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya dalam keterangan resmi, kemarin (6/5). Ekhel merekomendasikan lima inspirasi parsel Ramadan yang bisa ditemukan di Tokopedia.

Pertama, produk kecantikan dan perawatan tubuh. Menurutnya, merawat tubuh adalah hal yang penting untuk dilakukan terutama saat berpuasa agar kulit tidak dehidrasi. Moisturizer, sabun, parfum, hingga skincare bisa menjadi ide parsel yang dapat diberikan kepada kerabat terkasih. "Tokopedia mencatatkan peningkatan transaksi pada kategori kecantikan mencapai hampir dua kali lipat menjelang akhir 2020," ujar Ekhel.

Kedua, perlengkapan ibadah. Braang ini juga menjadi salah satu subkategori yang transaksinya meningkat signifikan selama kuartal pertama 2021, yaitu lebih dari dua kali lipat jika dibandingkan dengan kuartal yang sama di 2020. "Aladeen Indonesia, contoh UMKM lokal yang menjual alat ibadah, mengalami peningkatan transaksi hampir tiga kali lipat selama kampanye berlangsung," imbuh Ekhel.

 

Ketiga, alat makan. Peralatan makan yang terbuat dari kaca, keramik, hingga kayu dengan beragam motif bisa menjadi pilihan menarik untuk parsel Ramadan. Pero Indonesia, pegiat usaha lokal yang menyediakan beragam peralatan makan dari porselen, mencatat kenaikan transaksi lebih dari 3x lipat selama kampanye Parsel Ramadan 2021 jika dibandingkan dengan bulan sebelum kampanye.

Keempat, makanan dan minuman. “Transaksi parsel makanan melonjak hampir 4x lipat selama Ramadan 2020 jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya,” jelas Ekhel. Smoking barrels, salah satu pegiat usaha kopi lokal, mencatat kenaikan transaksi lebih dari lima lipat selama kampanye Parsel Ramadan 2021 jika dibandingkan dengan bulan sebelum kampanye.

Terakhir, gift card. Masyarakat juga dapat mengirim kartu hadiah digital bertema Ramadan kepada teman dan keluarga melalui Tokopedia Gift Card. Penerima dapat menggunakan kartu hadiah untuk membeli berbagai kebutuhan lewat Tokopedia. Selain menemukan pilihan parsel lengkap dan terjangkau mulai dari Rp50.000, masyarakat juga bisa menikmati sederet penawaran menarik seperti Bebas Ongkir Sepuasnya dan Gratis Ongkir dengan GoSend. (OL-14)

Baca Juga

Antara/Reno Esnir

Kehawatiran Tappering Mereda, Indeks Cenderung Bertahan

👤Fetry Wuryasti 🕔Rabu 23 Juni 2021, 12:15 WIB
Pengenaan tarif pada pajak ekspor crude palm oil (CPO) menjadi perhatian para pelaku...
Dok.PSII

Pelita Samudera Shipping Tebar Dividen US$2,97 Juta

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 23 Juni 2021, 12:02 WIB
Ini adalah pembayaran dividen ke lima sejak perseroan mencatatkan saham di BEI pada Desember ...
MI/Dede Susanti

Guru Besar IPB Apresiasi Terpilihnya Indonesia Sebagai Anggota Dewan FAO

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 23 Juni 2021, 11:51 WIB
Guru Besar IPB Profesor Muhamad Firdaus mengapresiasi terpilihnya Indonesia sebagai Anggota Dewan pada Badan Pangan Dunia atau Food and...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kereta Api Makassar-Parepare Membangun Ekonomi dan Peradaban

Belanda pernah membuat jalur kereta api Makassar-Takalar, namun sejak Jepang berkuasa jalur itu dibongkar. Dan baru era sekarang, Sulawesi Selatan kembali memiliki jalur  kereta api

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya