Kamis 29 Oktober 2020, 14:16 WIB

Bank Sentral Jual Emas Pertama Kali sejak 2010

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Bank Sentral Jual Emas Pertama Kali sejak 2010

AFP/Cristina Vega Rhor
.

 

SEJUMLAH bank sentral diaporkan menjadi penjual emas untuk pertama kali sejak 2010. Ini disebabkan beberapa negara produsen mengeksploitasi harga yang hampir mencapai rekor tertinggi di tengah pandemi.

Menurut laporan Dewan Emas Dunia (WGC), penjualan bersih emas mencapai 12,1 ton bullion pada kuartal ketiga, dibandingkan dengan pembelian 141,9 ton tahun sebelumnya.

Penjualan didorong oleh Uzbekistan dan Turki. Bank sentral Rusia juga membukukan penjualan kuartal pertama emas dalam 13 tahun.

“Tidaklah mengherankan bahwa dalam situasi tersebut bank melihat cadangan emas mereka,” kata Louise Street, analis utama di WGC, Kamis (29/10).

Louise menambahkan, hampir semua penjualan berasal dari bank yang membeli dari sumber domestik. Mereka memanfaatkan harga emas yang tinggi pada saat fiskal meregang.

Pembelian oleh bank sentral telah membantu mendukung emas dalam beberapa tahun terakhir. Citigroup Inc bulan lalu memperkirakan bahwa permintaan bank sentral akan pulih pada 2021.

Bank sentral Turki dan Uzbekistan masing-masing menjual 22,3 ton dan 34,9 ton emas pada kuartal ketiga. Uzbekistan telah mendiversifikasi cadangan internasional dari emas saat negara Asia tengah itu melepaskan isolasi selama beberapa dekade.

WGC melaporkan permintaan emas batangan secara keseluruhan turun 19% (yoy) ke level terendah sejak 2009. Penurunan itu terjadi karena melemahnya permintaan India dan konsumsi perhiasan Tiongkok.

WGC yang mengambil data dari Dana Moneter Internasional dan Metals Focus menyebutkan penurunan perhiasan sebagian diimbangi oleh lonjakan permintaan 21% dari investor. Total pasokan emas turun 3% (yoy) karena produksi tambang tertekan. (Bloomberg/OL-14)

Baca Juga

Ist

Strategi Produsen Baja Ringan Bertahan di Masa Pandemi

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 November 2020, 22:15 WIB
Dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini, pelaku usaha konstruksi juga harus jeli melihat...
Ist

Mentan Syahrul Pantau Aktivitas Jual Beli Pasar Ternak Tallunglipu

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 November 2020, 21:00 WIB
Menurut Mentan, Pasar Tallunglipu bisa dikembangkan lebih modern dengan konsep pasar lokal yang terintegrasi dengan pembibitan dan budi...
ANTARA

Keran Ekspor Benur Berpeluang Dibuka Kembali

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 28 November 2020, 20:47 WIB
Kebijakan ekspor benur telah menyeret Edhy Prabowo dalam pusaran dugaan kasus korupsi. Edhy telah resmi mengajukan surat pengunduran diri...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya