Selasa 16 April 2019, 17:25 WIB

Soal Impor Bawang Putih, Darmin Sudah Komunikasi dengan Kemendag

Nur Aivanni | Ekonomi
Soal Impor Bawang Putih, Darmin Sudah Komunikasi dengan Kemendag

ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah
Bawang putih impor.

 

SEKRETARIS Kementerian Koordinator bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso menyampaikan bahwa keputusan untuk izin impor bawang putih masih berlaku hingga saat ini. 

Kalaupun keputusan impor bawang putih mau dibatalkan, hal itu harus dibahas kembali dalam rapat koordinasi (rakor).

"Begitu kita putus ya posisi sekarang tetap ada izin impor itu. Begitu nanti mau dibatalin, ya tinggal bahas lagi di rakor," katanya saat ditemui di kantornya, Jakarta, Selasa (16/4).

Sebelumnya diberitakan, pemerintah menugasi Bulog melakukan impor sebesar 100 ribu ton bawang putih dari Tiongkok. Hal tersebut berdasarkan hasil keputusan rakor terbatas pada Senin (18/3) malam.

Baca juga: Mendag Undang Importir Bawang Buka Gudang Operasi Pasar

Keputusan tersebut diambil lantaran harga bawang putih tengah melonjak tinggi di kisaran Rp40.000-Rp45.000 per kilogram. Padahal, normalnya harga bawang putih berada di kisaran Rp25 ribu per kilogram.

"Sementara ini, Kemendag belum mengeluarkan persetujuan impornya. Pertimbangannya stoknya masih oke. Stabilitas harganya dia berani jamin, ya sudah oke. Kalau nanti ada usulan perubahan, ya harus ada rakor lagi," kata Susiwijono.

Kendati demikian, ia berharap izin impor segera dikeluarkan. Jangan sampai, kata dia, harga bawang putih kemudian melonjak tinggi jelang bulan puasa. Pasalnya, untuk melakukan impor membutuhkan waktu yang cukup lama.

"Pertanyaannya, bagaimana Pak Menko? Kita sudah komunikasi dengan Kemendag, kita lagi minta laporannya. Hari-hari ini kita akan putuskan," pungkasnya. (A-5)

Baca Juga

Ist

BPJAMSOSTEK Beri Penghargaan pada Perusahaan Besar dan Menengah Atas

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 15:56 WIB
Penghargaan tersebut diberikan kepada perusahaan yang telah berkontribusi besar terhadap coverage BPJS Ketenagakerjaan melalui perlindungan...
ANTARA/SIGID KURNIAWAN.

G20 Dorong Pemulihan Ekonomi di tengah Eskalasi Tantangan Global

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 26 Mei 2022, 15:41 WIB
Dalam pertemuan tersebut, juga hadir beberapa pembicara eksternal dari kalangan akademisi dan pelaku pasar yang turut memberikan beragam...
DOK BNI

BNI JJF 2022 Makin Pecah, BNI Pamerkan Metaverse hingga Siapkan Hadiah iPhone 13 Pro

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 14:18 WIB
Direktur Bisnis Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies menuturkan bahwa animo masyarakat terhadap gelaran acara ini sangat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya