Jumat 25 Februari 2022, 23:54 WIB

Omnichannel Jadi Solusi Ritel Masa Depan Pascapandemi

Mediaindonesia.com | Teknologi
Omnichannel Jadi Solusi Ritel Masa Depan Pascapandemi

Dok. Blibli
Blibli di Asian Economic Dialogue 2022

 

CEO dan Co-Founder Blibli, Kusumo Martanto menjadi pembicara Indonesia satu-satunya dalam Asian Economic Dialogue 2022, konferensi geoekonomi terdepan yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri India dan Pune International Center. Digelar pada 23–25 Februari 2022, kegiatan tersebut mengangkat tema “Resilient Global Growth in Post-Pandemic World” yang membahas dampak pandemi terhadap ekonomi, perdagangan, serta industri lainnya di Asia dan bagaimana strategi menghadapinya ke depan. 

Asian Economic Dialogue 2022 mempertemukan lebih dari 50 ahli di bidangnya, termasuk di antaranya gubernur bank sentral dari sejumlah negara, para pengambil kebijakan negara-negara di Asia, akademisi hingga pemimpin perusahaan dari berbagai negara untuk membahas dinamika ekonomi strategis tingkat Asia. 

Dalam sesi berjudul “Start-Ups in a Post Pandemic World”, Kusumo memaparkan cara menavigasi e-commerce di pasar terbesar Asia Tenggara. Ia juga menjelaskan bagaimana lansekap e-commerce di masa pasca pandemi. 

“Keterbatasan mobilisasi saat pandemi mengakibatkan layanan e-commerce menjadi primadona dalam membantu pemenuhan kebutuhan sehari-hari konsumen. E-commerce menunjukkan pertumbuhan yang eksponensial dalam kurun waktu dua tahun terakhir, dan tren ini masih akan terus berlanjut setidaknya dalam lima tahun ke depan,” ujar Kusumo

Kusumo menjelaskan, pasar ritel telah beradaptasi pasca pandemi. Dukungan digitalisasi tidak lagi menjadi opsi, namun sebagai suatu keharusan. Lanjutnya lagi, pascapandemi, pasar ritel akan memasuki babak baru di mana omnichannel menjadi solusinya. 

Baca juga : Terima Kunjungan Duta Besar Inggris, Menkominfo Bahas Kerja Sama SATRIA-2 

Menurut laporan Google dan Temasek, dalam kurun waktu 5 hingga 10 tahun ke depan, meski belanja offline masih dilakoni, pertumbuhan belanja online akan meningkat 4 kali lipat. Integrasi online dan offline yang optimal akan mendorong pertumbuhan industri yang berkelanjutan karena pelaku retail dapat memiliki fleksibilitas lebih dalam berinovasi demi menjawab kebutuhan pasar sekaligus mengembangkan bisnis.

Menyikapi hal ini, Blibli telah memiliki solusi omnichannel dengan diperkuat ekosistem teknologi serta bisnis menyeluruh yang mencakup B2C, B2B, B2B2C, dan B2G semakin mantap dalam memberikan solusi dan inovasi yang berujung kepuasan pelanggan ketika berbelanja. 

Dalam strategi omnichannel-nya Blibli melengkapi ekosistem bisnisnya dengan integrasi online to offline to online (O2O2O) seperti Blibli InStore, Click & Collect, dan Blibli Mitra yang menghadirkan pengalaman berbelanja yang nyaman bagi pelanggan.

Blibli juga diperkuat dengan sektor ritel lain seperti groceries (Bliblimart) dan Ranch Market, serta consumer electronics (Samsung Experience Store). Hal ini pun didukung dengan kemudahan lain seperti asuransi, jaminan produk orisinal, pengiriman 2 jam sampai, tukar tambah, hingga opsi pengiriman dan pembayaran terlengkap di industri.

"Ke depan, Blibli berkomitmen untuk terus memperkuat ekosistem omnichannel, tidak hanya untuk memberikan kenyaman berbelanja bagi para konsumen, namun juga mendukung perekonomian dari industri ritel. Dengan memperkuat integrasi online dan offline, harapannya akan mendukung penetrasi digital bagi pengusaha dalam negeri khususnya sektor UMKM, ” tutup Kusumo. (RO/OL-7) 

Baca Juga

Dok. NASA

Robot NASA untuk Deteksi Alien Bawah Air

👤CNet/M-2 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 07:50 WIB
EKSPLORASI lembaga penelitian antariksa Amerika Serikat, NASA, untuk mengetahui lebih dalam tentang alien tak pernah henti...
AFP/PATRICK PLEUL

Megaproyek nan Ambisius

👤Putri Rosmalia 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 07:45 WIB
Tak hanya di Bumi, ambisi Elon Musk mencakup angkasa luar dengan pelbagai proyek yang dikerjakan oleh salah satu perusahaannya,...
Ist

Pemilik Belum Tertangkap, Binomo Masih Leluasa Beroperasi

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 13:17 WIB
Aplikasi binary option berkedok robot trading Binomo masih bisa diakses oleh masyarakat meski sudah berkali-kali diblokir...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya