Jumat 02 Desember 2022, 09:30 WIB

UEFA Mulai Selidiki Keuangan Juventus

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
UEFA Mulai Selidiki Keuangan Juventus

AFP/Marco BERTORELLO
Logo klub Serie A Juventus

 

UEFA, Kamis (1/12), mengatakan telah menggelar penyelidikan mengenai keuangan klub Serie A Juventus.

Sebelumnya, media massa Italia melaporkan jaksa Italia telah meminta mantan Presiden Juventus Andrea Agnelli dan 12 mantan petinggi klub Serie A itu diadili atas dakwaan laporan keuangan palsu dan kejahatan lainnya.

UEFA kemudian merilis pernyataan bahwa komisi penyelidikan dari Badan Pengendali Keuangan Klub (CFCB) akan melakukan penyelidikan apakah Juventus telah membohongi mereka dan melanggar aturan.

Baca juga: Jaksa Minta 13 Mantan Petinggi Juventus, Termasuk Agnelli, Diadili

Ini merupakan kali kedua pada tahun ini UEFA menyelidiki Juventus.

Dalam pernyataan singkat, Kamis (1/12), UEFA mengatakan mereka tengah menyelidiki apakah Juventus memberi informasi yang tidak benar kala mereka menyelesaikan kasus pertama mereka dengan asosiasi sepak bola Eropa itu.

Agnelli, wakil presiden Pavel Nedved, dan dewan direktur Juventus, Senin (28/11), mengundurkan diri setelah otoritas Italia menyelidiki keanehan pada keuangan klub Serie A itu.

UEFA mengatakan penyelidikan mereka akan fokus pada dugaan pelanggaran finansial yang diungkapkan oleh jaksa di Turin.

Juventus merupakan bagian dair klub, yang mencakup Paris Saint-Germain dan Inter Milan, yang Agustus lalu sepakat membayar denda karena melanggar aturan Financial Fair Play.

CFCB menemukan bahwa Juventus gagal memenuhi kewajiban break-even point di tahun keuangan antara 2018 dan 2022. Juventus sepakat membayar denda sebesar 3,5 juta euro.

"Jika kondisi keuangan klub berbeda dari apa yang diungkapkan saat terjadi kesepakatan dengan EUFA maka UEFA berhak membatalkan kesepakatan itu dan mengambil langkah hukum yang dianggap perlu serta menjauthkan hukuman disiplin," tegas UEFA. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP/Josep LAGO

Hajar Sevilla, Barcelona Menjauh dari Real Madrid di Puncak Klasemen La Liga

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 06 Februari 2023, 06:27 WIB
Setelah babak pertama yang berlangsung ketat, Jordi Alba memecahkan kebuntuan sebelum Gavi dan Raphinha memastikan Barcelona menang telak...
AFP/Christophe SIMON

Laborde Antar Nice Menang di Kandang Marseille

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 06 Februari 2023, 06:13 WIB
Marseille, yang merupakan tim terbaik Ligue 1 selepas Piala Dunia 2022, menderita kekalahan pertama mereka dalam tempo 10 laga, yang...
AFP/Ronny HARTMANN

Tekuk Wolfsburg, Bayern Kembali ke Puncak Klasemen Bundesliga

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 06 Februari 2023, 05:59 WIB
Posisi puncak klasemen sempat direbut Union Berlin, yang menang atas Mainz, Minggu (5/2). Namun, Bayern merebut kembali posisi puncak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya