Rabu 14 September 2022, 10:46 WIB

Reuni Antiklimaks Lewandowski di Allianz Arena

Akmal Fauzi | Sepak Bola
Reuni Antiklimaks Lewandowski di Allianz Arena

AFP/KERSTIN JOENSSON
Penyerang Barcelona Robert Lewandowski

 

HARAPAN Barcelona agar Robert Lewandowski menjadi pembawa keberuntungan dalam laga tandang ke Arena Allianz, markas Bayern Muenchen, di laga kedua fase grup Liga Champions, Rabu (14/9) dini hari WIB, tidak terwujud. Meski menjadi pemain yang paling banyak mendapatkan peluang, Lewandowski gagal menghindarkan Barcelona dari kekalahan 0-2.

Sebelum berjumpa Bayern, Lewandowski punya catatan yang gemilang. Pemain asal Polandia itu mencetak sembilan gol dari lima laga di semua ajang untuk Barcelona. Namun, yang terjadi justru antiklimaks. Lewandowski tidak berdaya saat kembali ke Jerman.

Lewandowski, yang disambut tepuk tangan hangat dari para pendukung tuan rumah selama pemanasan prapertandingan, memiliki beberapa peluang untuk membuka skor. 

Baca juga: Bayern Tundukkan Barcelona di Allianz Arena

Pemain 34 tahun itu adalah pemain yang paling banyak menciptakan tembakan dengan total tujuh tembakan. Empat tembakannya tepat mengarah ke gawang yang dikawal kiper Bayern, Manuel Neuer.

Ketika laga berjalan 18 menit, Lewandowski mendapat peluang bersih pertamanya untuk berhadapan satu lawan satu dengan Neuer. Tetapi, sepakannya masih melambung di atas mistar gawang tim tuan rumah. Tiga menit berselang, Neuer menggagalkan sundulan terukur Lewandowski.

Kehadiran Lewandowski terbukti membuat Blaugrana--julukan Barcelona-- tampil lebih baik dalam menciptakan peluang dengan 18 tembakan berbanding 13 tembakan yang dihasilkan tim tuan rumah. Tetapi, reuni Lewandowski dengan klub lamanya itu belum berakhir indah.

"Saya pikir untuk Lewy, itu benar-benar bermain dengan emosional untuk kembali (ke Stadion Alianz), seperti pulang ke rumah, karena dia sangat sukses di sini," kata kapten Bayern Manuel Neuer.

“Tetapi, keberuntungan di saat-saat yang menentukan tidak berpihak padanya dan itu menjadi keberuntungan kami," lanjutnya.

Kolektivitas itu menjadi kunci Bayern bisa meredam Lewandowski dan memenangkan pertandingan. 

Dua gol Die Roten--julukan Bayern--di babak kedua dalam durasi empat menit menghentikan perlawanan Barcelona. Lucas Hernandez membuka skor buat Bayern pada menit ke-50. Gol Leroy Sane pada ment ke-54 memastikan tim tuan rumah meraih tiga poin di kandang.

Pelatih Bayer, Julian Nagelsmann mengatakan kepada media setelah pertandingan bahwa dia berharap kemenangan timnya itu menjadi akhir dari pertanyaan tentang Lewandowski.

"Dia memainkan permainan yang bagus. Dari sudut pandang kami, saya senang dia tidak mencetak gol, tapi saya pikir kami melihat dia berbahaya. Setelah pertandingan, saya memeluknya, tetapi dia bermain untuk klub yang berbeda dan saya memiliki pemain berbeda yang perlu saya waspadai," kata Nagelsmann.

"Minggu ini, saya punya 65 pertanyaan tentang Lewandowski. Anda bisa menanyakan pertanyaan itu kepada Xavi (Hernandez) sekarang, karena dia bukan pemain saya lagi," ujarnya.

Melalui akun Instagram-nya, Lewandowski menulis “Ini malam yang sulit. Sekarang waktunya fokus untuk masa depan. #ucl @fcbarcelona,” tulis Lewandowski.

Pelatih Barcelona Xavi Hernandez menilai, timnya tampil lebih bagus tetapi dihukum karena gagal memaksimalkan peluang menjadi gol. Perbedaan dari performa kedua tim, kata Xavi, adalah efektivitas Bayern memaksimalkan peluang di babak kedua.

“Kami membuat enam atau tujuh peluang besar yang seharusnya menjadi gol. Kami bermain sangat baik. Seandainya kami bisa mencetak satu gol di babak pertama, pertandingan akan berjalan berbeda,” kata Xavi.

Kemenangan ini membuat Bayern berada di posisi pertama klasemen Grup C Liga Champions musim 2022-2023 dengan raihan enam poin. Sementara Bayern dan Inter Milan yang menang atas Viktoria Plzen 2-0 ada di posisi dua dan tiga dengan raihan masing-masing tiga poin. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP

Masa Depan Messi Diputuskan Setelah Piala Dunia Qatar

👤Akmal Fauzi 🕔Rabu 28 September 2022, 15:24 WIB
Pemain asal Argentina itu pindah ke Paris Saint-Germain pada musim panas 2021 lalu, setelah kontraknya berakhir di Barcelona dan tidak...
Dok. PSSI

Kontrak Shin Tae-yong Akan Diperpanjang Minimal Empat Tahun

👤Akmal Fauzi 🕔Rabu 28 September 2022, 13:43 WIB
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan berencana akan memperpanjang kontrak Shin Tae-yong minimal empat...
AFP/Elsa/Getty Images

Messi Catatkan Kemenangan Ke-100 Bersama Argentina

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 28 September 2022, 12:32 WIB
Bintang Paris Saint-Germain itu membuat total golnya bersama timnas Argentina menjadi 90 dari 164 penampilan saat dia dimainkan sebagai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya