Jumat 29 Juli 2022, 14:42 WIB

Adu Tajam Penyerang Cemerlang City dan Pemain Termahal Liverpool

Akmal Fauzi | Sepak Bola
Adu Tajam Penyerang Cemerlang City dan Pemain Termahal Liverpool

Justin Casterline/Getty Images/AFP
Penyerang Manchester City Erling Haaland

 

LAGA Community Shield antara Liverpool dan Manchester City yang akan berlangsung di stadion King Power, Sabtu (30/7) malam WIB menjadi pembuktian dua pemain anyar kedua tim, Darwin Nunez dengan Erling Haaland.

Darwin Nunez dan Haaland merupakan rekrutan besar di bursa transfer Inggris musim panas ini. Liverpool membeli Nunez dengan nilai transfer mencapai 85 juta poundsterling. Sementara itu, Haaland ditebus dengan biaya 51 juta poundsterling.

Meskipun menjadi juara pada Liga Primer musim lalu, Manajer Man City Pep Guardiola menyadari masih kekurangan striker murni di skuadnya. Pelatih asal Spanyol itu membuat langkah dengan merekrut salah satu bintang muda paling cemerlang di Eropa. Dalam 2,5 musim bersama Dortmund, Haaland mencatat total 89 penampilan di semua ajang, dengan 86 gol dan 23 assists.

"Seperti yang mungkin Anda semua tahu, saya telah menonton banyak pertandingan Man City selama beberapa tahun terakhir. Tahun-tahun terakhir (mereka) tanpa striker, jadi tentu saja saya melihat diri saya dalam situasi seperti ini. Saya tidak terkejut. Kualitasnya bagus," kata Halaand.

Dalam sepanjang sejarah Community Shield, Man City sudah 13 kali tampil. Hasilnya, tim Manchester biru menang enam kali dan tujuh kali menelan kekalahan. Terakhir kali Man City menjadi juara pada 2019. Mereka memetik kemenangan atas Liverpool lewat adu penalti 5-4. Community Shield Man City terakhir pada 2021. The Citizens menelan kekalahan 0-1 saat berhadapan dengan Leiceseter City.

Baca juga: Ini Alasan MU Ngebet Datangkan Frenkie de Jong

Di kubu Liverpool, kepergian Sadio Mane ke Bayern Muenchen adalah sebuah pukulan. Tetapi Juergen Klopp langsung mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh penyerang Senegal dengan merekrut Nunez dari Benfica dengan yang memecahkan rekor transfer klub seharga 85 juta Poundsterling.

Sempat dikritik saat melakukan laga pramusim bersama The Reds, pemain asal Uruguay itu mencetak empat gol dari kemenangan 5-0 The Reds atas RB Leipzig. Namun, Liverpool belum menunjukkan performa yang baik saat pramusim. Dalam empat pertandingan,The Reds menang dua kali dan tumbang dua kali.

Kemenangan didapat Liverpool saat melawan Crystal Palace dan RB Leipzig. Sementara kekalahan ditelan tim asuhan Juergen Klopp saat melawan Manchester United dan RB Salzburg.

Lini belakang Liverpool belum tampil solid. Mereka sudah kebobolan sebanyak lima gol. Kekalahan telak 0-4 diderita Liverpool saat melawan The Red Devils. Sementara saat melawan Salzburg, Liverpool kalah 0-1. "Situasinya adalah kami masih harus mempersiapkan musim dengan baik, jadi kami tidak bisa mengabaikannya," kata Klopp.

Maka dari itu, laga Community Shiled akan menjadi momentum pembuktian duo striker muda ini di Liga Prmier Inggris. Nunez harus membungkam suara-suara kritis untuknya yang mulai menyeruak ke ruang publik.  Sementara Haaland yang mencetak gol tunggal ke gawang Bayern Munchen di laga uji coba beberapa waktu lalu perlu memenuhi harapan besar dari suporter Man City. (AFP/OL-4)

Baca Juga

ANTARA/M Agung Rajasa

Ditonton Langsung Pendukung, PSS Bertekad Kalahkan Persib

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 11:39 WIB
Ribuan suporter PSS diprediksi memadati stadion untuk mendukung tim Super Elang Jawa, julukan PSS, di kandang...
Twitter @WestHam

Scamacca Cetak Gol Saat West Ham Menang di Laga Playoff Liga Konferensi UEFA

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 07:30 WIB
Scamacca mencetak gol pertamanya untuk West Ham United saat membantu klub Liga Primer Inggris itu menang 3-1 atas klub Denmark Viborg di...
AFP/MAURICE VAN STEEN

Manchester United Siapkan Tawaran Baru untuk Antony

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 04:03 WIB
Dua kekalahan di awal musim dikabarkan membuat Antony ragu untuk pindah ke Old Trafford, tetapi dia sulit menolak transfernya ke...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya