Kamis 12 Januari 2023, 21:07 WIB

PDIP: Pahami Konteks Jokowi Sebagai Kader Partai

tri subarkah | Politik dan Hukum
PDIP: Pahami Konteks Jokowi Sebagai Kader Partai

MI/Susanto
Politikus PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno

 

POLITIKUS PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno meminta masyarakat memahmi konteks pernyataan Ketua Umum (Ketum) Megawati Soekarnoputri pada momentum HUT ke-50 PDI Perjuangan. Menurut Hendrawan, acara tersebut adalah forum ketua umum partai yang sedang berbicara kepada kadernya, termasuk Presiden Joko Widodo.

"Pak Jokowi dalam keluarga besar PDI Perjuangan diposisikan sebagai kader. Jadi konteks harus dipahami. Forum teresebut adalah forum ketua umum yang sedang bicara kepada para kadernya," katanya kepada Media Indonesia, Kamis (12/1).

Pernyataan Hendrawan menanggapi cicitan Abdillah Toha, mantan Anggota DPR RI periode 2004-2009 dari PAN. Melalui akun twitter @AT_AbdillahToha, ia mengatakan Megawati memuji diri sambil meremehkan orang lain, termasuk kepala negara, yakni Jokowi.

Baca juga: Memuji Diri dan Remehkan Orang Lain, Megawati Surplus Kepercayaan Diri

Hendrawan berpendapat, pidato Megawati merupakan bentuk glorifikasi masa lalu untuk menumbuhkan rasa bangga di satu sisi, dan pengingat agar kader parati tidak lupa jati dirinya di sisi lain. Oleh karena itu, Megawati kerap meminta para kader untuk turun ke bawah dan tidak terlena dalam tirani kenyamanan.

"(Pidato) itu ditujukan kepada segenap kader internal yang sebagian besar merupakan kader yang tidak terlibat pada tahun-tahun awal kelahiran PDI Perjuangan," terangnya.

"Jadi Ketum berusaha menyampaikan aspek sejarah dan pasang surut perjuangan yang panjang," tandas Hendrawan. (OL-4)

Baca Juga

Dok. Ikadin Jakbar

Ikadin Jakbar Komit Pertahankan Wadah Tunggal Advokat

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 23:29 WIB
Wacana multibar yang digaungkan sejumlah pihak adalah sebuah langkah mundur karena tidak ada satu pun di dunia ini menganut sistem...
Ist

IKA Menwa Seroja Timor Timur Gelar Munas dan Silaturahmi Nasional

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 21:58 WIB
Dalam kegiatan Silatnas tersebut Ika Menwa Seroja Timor Timur juga menyelenggarakan Sarasehan dengan judul “Peran IKA Menwa Seroja...
ANTARA

Soal Cawapres, Pilihan PPP Mengerucut Pada Sosok Erick Thohir

👤Widhoroso 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 19:53 WIB
PARTAI Persatuan Pembangunan (PPP) sampai saat ini PPP masih dalam tahap penyaringan nama-nama yang akan diusung sebagai capres dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya