Selasa 03 Januari 2023, 20:20 WIB

PPP akan Kaji Kesesuaian Perppu Ciptaker dengan Putusan MK

Putra Ananda | Politik dan Hukum
PPP akan Kaji Kesesuaian Perppu Ciptaker dengan Putusan MK

MI/Mohammad Irfan
Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR dari Fraksi PPP Achmad Baidowi

 

FRAKSI Partai Persatuan Pembangunan (PPP) belum bisa menentukan sikap menyetujui atau menolak pengajuan Peraturan Pengganti Undang-Undang (Perppu) Ciptaker.

Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR dari Fraksi PPP Achmad Baidowi atau yang akrab disapa Awiek menuturkan saat ini pihaknya masih mengkaji isi Perppu dengan kesesuaian putusan Mahkamah Kontitusi (MK).

"Kalau sekarang kita masih pelajari isi Perppu. Termasuk membandingkan isi Perppu dengan putusan MK" ungkap Awiek saat dihubung di Jakarta, Selasa (3/1).

Awiek menjelaskan PPP akan mengambil sikap saat pembahasan Perppu di DPR pasca masa reses. DPR sendiri saar ini masih menunggu keputusan Badan Musyawarah (Bamus) terkait penugasan alat kelengkapa dewan (AKD) yang akan membahas Perppu Ciptaker.

"Kami tunggu penugasan dari Bamus AKD mana yang bertugas membahas persetujuan Perppu citpaker. Dalam pembahasna itu nantinya PPP akan bersikap," ujarnya.

Baca juga: Romahurmuziy Jabat Ketua MPP PPP, Mardiono: Untuk Cegah Suap Menyuap

Terpisah, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menjelaskan secara teori, penerbitan Perppu Cipta Kerja tak bermasalah. Dia mengatakan prosedur penerbitan Perppu Cipta Kerja sudah benar.

"Tapi saya katakan kalau secara teori udah nggak ada masalah. Jangan mempersoalkan formalitasnya, prosedurnya. Itu sudah sesuai. MK menyatakan buat dulu undang-undang peraturan pembentukan perundang-undangan yang memasukkan bahwa omnibus law itu benar. Nah sudah kan? sudah dibuat lalu dibuat Perppu sesuai dengan undang-undang baru. Gitu," ujar Mahfud. (OL-4)

Baca Juga

MI/USMAN ISKANDAR

Golkar Pastikan Tak Ada Wacana Duetkan Airlangga-Anies

👤Anggi Tondi Martaon 🕔Rabu 01 Februari 2023, 16:50 WIB
Golkar fokus pada Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Meski belum ada kepastian soal sosok yang akan diusung pada Pemilihan Presiden (Pilpres)...
Antara

Penanganan Laporan Dana Desa Lewat Hukum Jadi Upaya Terakhir

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 01 Februari 2023, 15:52 WIB
Menurut Kejagung, tindak lanjut pengaduan dana desa harus diinvestigasi terlebih dahulu oleh inspektorat daerah secara...
MI/Moh Irfan

Anies Resmi Dapat Tiket Capres, Pengamat: Segera Diikuti Koalisi Lain

👤Putra Ananda 🕔Rabu 01 Februari 2023, 15:22 WIB
Ketika NasDem, PKS dan Demokrat meresmikan Sekretariat Bersama (Sekber) tidak menutup kemungkinan koalisi lain akan mengikuti jejak koalisi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya