Senin 31 Oktober 2022, 13:25 WIB

Pengamat Sangsi Relawan Ganjar Dukung Jokowi Jadi Ketum PDIP

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Pengamat Sangsi Relawan Ganjar Dukung Jokowi Jadi Ketum PDIP

dok.mi
Pengamat politik, Adi Prayitno

 

PENGAMAT Politik Adi Prayitno menanggapi kemunculan Relawan Koalisi Aktivis dan Milenial Indonesia untuk Ganjar Pranowo (Kami-Ganjar) yang mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Ketua Umum PDIP 2024.

Adi mengatakan, harus dipastikan dulu apakah itu benar-benar relawan Ganjar atau bukan. Pasalnya, kata Adi, relawan Ganjar yang selama ini sudah deklarasi tidak pernah menyinggung soal kepemimpinan Ketum PDIP.

"Harus dipastikan apakah ini benar relawan Ganjar atau relawan yang ngaku-ngaku relawan Ganjar karena kalau melihat kecenderungan selama ini, deklarasi relawan yang bermunculan di mana-mana mendukung Ganjar Pranowo itu nyaris tidak pernah menyinggung kepemimpinan ketua umum PDIP," kata Adi, yang dikutip pada Senin (31/10/2022).

Adi mengatakan, baru kali ini ada relawan Ganjar yang bilang bahwa Jokowi layak menggantikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Menurut Adi, hal itu adalah isu sensitif di internal PDIP karena partai tersebut kental dengan politik Soekarno.

"Masih ada Bu Puan, Prananda yang dinilai cukup pantas menjadi suksesor ketua umum PDIP di masa yang akan datang. Jadi harus dipastikan ini relawan Ganjar atau bukan, gitu ya," katanya.

Adi mengatakan, tidak ada yang tahu motif kelompok yang mengaku relawan Ganjar itu mendukung Jokowi menjadi Ketua Umum PDIP. Di samping itu, Adi menyebut suara Kami-Ganjar merupakan aspirasi tidak penting.

"Entah relawan Ganjar apa bukan, kira-kira begitu, pastinya dianggap angin lalu belaka, dianggap tidak signifikan dan tidak penting," kata dia.

Adi mengatakan, kalau ada pihak yang menseriusi pernyataan Kami-Ganjar, harus diondentifikasi dulu identitas orang yang mengaku relawan tersebut. Namun Adi menekankan bahwa suara relawan itu tidak penting.

"Kalau ada yang menseriusi, relawan ini mesti diidentifikasi siapa orangnya, apa motifnya. Tapi yang jelas relawan ini orang luar, bukan orang dalam, outsider. Jadi mungkin dianggap tidak terlampau penting, makanya tidak ada yang menanggapi serius," kata Adi.

Sebelumnya, Relawan yang mengatasnamakan Kami-Ganjar mendoakan agar Presiden RI Jokowi menjadi Ketua Umum PDIP pada tahun 2024. Koordinator Nasional Kami-Ganjar Joko Priyoski mengatakan, Jokowi layak menduduki kursi ketua umum partai tersebut.

"Untuk PDI Perjuangan, kita tahu bahwa fatsun partai itu adalah demokrasi, bukan partai kerajaan, maka kami berharap Pak Jokowi mau dan bisa terpilih kelak menjadi Ketua Umum di Kongres PDIP Tahun 2024," kata Joko, Rabu (26/10). (OL-13)

 

Baca Juga

Antara

Usut Kasus Korupsi di Universitas Lampung, KPK Periksa Empat Saksi 

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 02 Desember 2022, 17:02 WIB
Para saksi diambil keterangannya untuk Karomani selaku Rektor Universitas Lampung dan tersangka lainnya. Pemeriksaan sejumlah saksi...
Antara

KPK Periksa Empat Saksi Dalami Rasuah di Unila

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 02 Desember 2022, 17:00 WIB
PENYIDIK Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami kasus dugaan suap terkait penerimaan mahasiswa baru di Universitas Lampung...
Ist

Kapolri Dampingi Laksamana Yudo Margono Jalani Fit and Proper Test

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 16:47 WIB
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL)Laksamana Yudo Margono hari ini menjalani fit and proper test sebagai calon Panglima TNI di DPR RI, Jumat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya