Jumat 23 September 2022, 20:21 WIB

Wapres Minta Lukas Enembe Patuhi Proses Hukum

Emir Chairullah | Politik dan Hukum
Wapres Minta Lukas Enembe Patuhi Proses Hukum

Antara
Gubernur Papua Lukas Enembe

 

GUBERNUR Papua Lukas Enembe diminta mematuhi proses hukum yang tengah dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas dugaan kasus korupsi yang menimpa dirinya. 

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menegaskan, semua warga negara tanpa terkecuali harus patuh terhadap proses penegakan hukum yang berlaku.

“Komitmen kita sebagai bangsa tentu untuk mematuhi hukum yang berlaku di Indonesia,” katanya usai meresmikan Gedung Majelis Ulama Indonesia Jawa Tengah dan Renovasi Masjid Baiturrahman Semarang, Jumat (23/9)

Ma’ruf meyakini proses penegakan hukum yang dilakukan KPK mempunyai dasar hukum. Apalagi saat ini sudah ada aturan hukum mengenai pemberantasan korupsi.

“UU-nya ada, kewenangan yang memang diberikan ke KPK sepanjang ada bukti yang jelas. Saya kira semua orang, siapa saja bisa diproses secara hukum,” tegasnya.

Dari sisi literasi, Wapres meminta kepada KPK untuk menjadi lembaga yang dapat memberikan penjelasan mengenai berbagai kasus yang terjadi agar masyarakat mendapatkan informasi secara utuh dan transparan.

“Ketika ada kasus ya KPK harus bisa menjelaskan, membuktikan bahwa itu memang terjadi korupsi, sesuai dengan undang-undang. Ya tentu kita mendukung upaya-upaya penegakan hukum untuk masalah pemberantasan korupsi,” paparnya.

Ma’ruf juga menekankan bahwa pemerintah berkomitmen penuh dalam penegakan segala bentuk kasus korupsi yang telah merugikan masyarakat dan negara. “Jadi, saya kira itu sudah menjadi komitmen pemerintah. Dalam program kita itu, salah satunya adalah pemberantasan korupsi,” pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

Dok. DPR RI

Cek Persiapan Akhir Penyelenggaraan P20, Puan Jajal Mobil Listrik yang akan Digunakan Delegasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 09:36 WIB
“Ini momen istimewa karena Indonesia belum pernah menjadi tuan rumah P20 sehingga kita harus memastikan semua delegasi dan tamu yang...
dok.korlantas

Belum Bayar Pajak Kendaraan Bisa Ditilang, Ini Penjelasan Korlantas

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 09:15 WIB
PENGENDARA dengan STNK yang pajaknya mati bisa ditilang karena belum disahkan ataupun diperpanjang...
Ist

Relawan Anies Minta KPK Jangan Sampai Jadi Alat Politik

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 08:53 WIB
Masyarakat pendukung Anies Baswedan itu menilai bahwa KPK tak memiliki alat bukti yang cukup untuk mentersangkakan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya