Rabu 21 September 2022, 16:53 WIB

Program dan Kegiatan BPIP Diapresiasi dalam Raker dan RDP dengan Komisi II DPR

Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
 

BADAN Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mendapatkan dukungan dan apresiasi dari Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) tentang program dan kegiatan yang sudah dilaksanakan maupun yang akan dilaksanakan.

Hal itu dinyatakan dalam Rapat Kerja dan Rapat Dengar Pendapat Komisi 11 DPR RI dengan BPIP yang dihadiri Kepala BPIP Yudian Wahyudi, Wakil Kepala BPIP Karjono, dan Sekretaris Utama BPIP Adhianti, di kompleks parlemen, Rabu (21/9).

"Program dan kegiatan kami sangat strategis baik program dukungan manajemen maupun program pembinaan ideologi pancasila," ujarnya Yudian menyampaikan paparan. 

Yudian menambahkan, berdasarkan laporan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perihal Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat BPIP telah mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) berturut-turut selamat tiga kali yakni pada tahun anggaran 2019, 2020 dan 2021.

"Turut kami sampaikan berdasarkan surat Laporan BPK tahun 2022 kami telah mendapatkan WTP secara berturut-turut," paparnya.

Kepala BPIP menjelaskan, saat ini BPIP mendapatkan amanat berdasarkan Peraturan Presiden nomor 18 tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024.

"Kami selalu mendukung agenda pembangunan pemerintah dalam prioritas Nasional nomor satu yaitu revolusi mental dan Pembinaan Ideologi Pancasila termasuk kewarganegaraaan, wawasan kebangsaan bahkan bela negara" tegasnya.

Dalam mencapai target RPJMN tersebut terdapat beberapa kegiatan Prioritas Nasional yang akan dihasilkan pada 2023 seperti meningkatkan kesepahaman dengan Kementerian Lembaga, Ormas, Media, Pengusaha dan masyarakat lainnya.

Baca juga : Junimart: Lindungi Penyelenggara Pemilu, Komisi II Tambah Anggaran

Selain itu, Yudian mengungkapkan, ada beberapa rencana strategis pada 2023 seperti penyusunan NSPK akreditasi penyelenggaraan diklat PIP, pembentukan jejaring Pancamandala, pembangunan desa berdikari, penetapan dan pengarahan Purnapaskibraka Duta Pancasila.

"BPIP juga mendapatkan tugas baru berdasarkan Perpres Nomor 52 tahun 2022 tentang Program Paskibraka, yang merupakan strategi dalam pembinaan ideologi Pancasila," ujarnya.

Dirinya berharap ada dukungan dari Komisi II DPR RI tentang anggaran untuk tahun anggaran 2023 karena banyak sekali bahkan tambahan program kegiatan untuk pengarusutamaan Pembinaan Ideologi Pancasila. 

"Besar harapan kami usulan tersebut dapat didukung DPR RI sehingga dapat terwujudnya implementasi pengarusutamaan nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat," harapnya.

Dalam rapat yang dipimpin Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang, seluruh anggota Komisi II mendukung dan mengapresiasi program dan kegiatan BPIP pada tahun anggaran sebelumnya maupun tahun anggaran 2023.

Meskipun demikian, Komisi II berharap ada terobosan atau inovasi baru dalam merancang program dan kegiatan untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi BPIP di tahun 2023 sehingga dalam realisasi anggarannya maksimal.

"Pada dasarnya kami selalu mendukung seluruh kegiatan dan program BPIP, tetapi kami berharap ada terobosan-terobosan lain dari BPIP," ujarnya. (RO/OL-7)

Baca Juga

dok.ant

Berkas Dinyatakan Lengkap, Kasus Roy Suryo Segera Disidangkan

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 29 September 2022, 10:46 WIB
KEJAKSAAN Tinggi DKI Jakarta menyatakan berkas perkara kasus dugaan penistaan agama yang menjerat eks Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo...
MI/Susanto

Putri Candrawathi akan Jalani Wajib Lapor Besok, Apakah akan Ditahan?

👤Siti Yona Hukmana 🕔Kamis 29 September 2022, 10:41 WIB
Putri Candrawathi bisa saja ditahan saat wajib lapor pada Jumat (29/9) atau Senin (3/10). Pasalnya, Putri akan diserahkan ke...
MI/Susanto

Latar Belakang Johanis Tanak Diyakini Mempertajam Taring KPK

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Kamis 29 September 2022, 10:25 WIB
Dengan telah lengkapnya komposisi lima pimpinan sesuai undang-undang, KPK akan segera berkonsolidasi kembali dalam langkah-langkah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya