Rabu 06 Juli 2022, 19:25 WIB

Pemprov Jawa Barat Minta Seluruh Kantor ACT Ditutup

Roni Halim (MGN), Narendra Wisnu Karisma (SB) | Politik dan Hukum
Pemprov Jawa Barat Minta Seluruh Kantor ACT Ditutup

MGN/Roni Halim
Pemprov Jabar Minta Seluruh Kantor ACT Ditutup

 

PEMERINTAH Provinsi Jawa Barat meminta seluruh kepala daerah untuk mengawasi dan meninjau kembali izin operasional Lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang berada di wilayahnya. ACT didesak untuk menghentikan operasionalnya terlebih dahulu demi menjaga hal yang tak diinginkan.

"Bagi kepala daerah yang di wilayahnya terdapat kantor ACT untuk mengecek segala legalitas, cek izin lokasi maupun operasionalnya, sesegera mungkin sebelum berdampak lebih besar lagi," terang Plh Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum, Rabu (6/7/2022).

Baca juga: Menteri Hadi Tjahjanto Bantah Ada Pungli di BPN Bekasi

"Saya juga meminta kantor yang ada di wilayah Jawa Barat untuk segera menghentikan kegiatan operasionalnya, demi keselamatan dan ketenteraman masyarakat," imbuhnya.

Masyarakat juga diminta untuk tidak menyumbangkan ke lembaga ACT sementara waktu. Sebab, kata Uu, saat ini masih adanya penyelidikan terhadap ACT oleh aparat penegak hukum.

"Hal ini saya sampaikan demi kebaikan bersama dan kemaslahatan seluruh masyarakat Jawa Barat, terlepas dari suka atau tidak terhadap lembaga tersebut," pungkas mantan Bupati Tasikmalaya itu.

Perkembangan terbaru, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) telah memblokir 60 rekening keuangan milik ACT yang berada di 33 bank. Pemblokiran bertujuan agar tidak ada lagi dana donasi yang masuk atau keluar dari rekening ACT tersebut.

Baca juga: Harga Minyak Goreng di Papua belum Rp14 ribu, Mendag: Kita akan Coba!

Selain itu, PPATK juga menemukan aliran keuangan ACT yang secara tidak langsung mengarah kepada aktivitas yang melanggar ketentuan perundang-undangan. Temuan teranyar, lembaga sentral ini mengendus adanya aliran dana ACT ke rekening seseorang yang terafiliasi dengan kelompok teroris Al-Qaeda. (Ren/A-3)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Ferdy Sambo Mengaku Emosi atas Perlakuan tidak baik Brigadir J Terhadap Istrinya

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 21:05 WIB
Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi menjelaskan perlakuan Brigadir J tersebut telah melukai harkat dan...
dok.ist

Hilangkan Identitas, Suharso Monoarfa Didemo Kader Penyelamat PPP

👤Selamat Saragih 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 21:01 WIB
FRONT Kader Penyelamat Partai (FKPP) berunjukrasa menentang pernyataan Ketum PPP Suharso Monoarfa yang akan meninggalkan identitas...
MI/Susanto

Kejagung: Tersangka Kasus Korupsi Taspen Life Bertambah

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 20:50 WIB
Tersangka berinisial AM, yang merupakan Dirut Prioritas Raditya Multifinance, diduga terlibat dalam kasus korupsi pengelolaan dana...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya