Sabtu 21 Mei 2022, 22:19 WIB

Ubhara Jaya Gelar Penyuluhan Hukum

Abdillah M Marzuqi | Politik dan Hukum
Ubhara Jaya Gelar Penyuluhan Hukum

MI/ Abdillah M Marzuqi
Penyuluhan hukum Fakultas Hukum Universitas Bhayangkara Jakarta

 

FAKULTAS Hukum Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) bersama Polsek Cangkuang Polresta Bandung Polda Jawa Barat menggelar kegiatan penyuluhan hukum tentang "Bantuan Hukum Bagi Pegawai Negeri pada Polri" di Polsek Cangkuang, Sabtu (21/5). 

Penyuluh dari Fakultas Hukum Ubhara Jaya Rahman Amin menyampaikan kegiatan penyuluhan hukum itu merupakan agenda rutin yang dilaksanakan dosen Fakultas Hukum Ubhara Jaya di setiap semester. Kegiatan itu juga sebagai bentuk pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian masyarakat.

"Dalam kegiatan penyuluhan hukum yang dilaksanakan di Polsek Cangkuang kali ini, secara khusus ditujukan kepada anggota Polri tentang bantuan hukum ketika menghadapi permasalahan hukum baik dalam pelaksanaan tugas kedinasan, maupun dalam kehidupannya sehari-hari," jelas dosen Fakultas Hukum Ubhara Jaya itu

Kegiatan penyuluhan hukum itu juga akan dilaksanakan untuk berbagai lapisan masyarakat dan instansi pemerintah khususnya penegak hukum. Tujuannya agar masyarakat Indonesia dan penegak hukum dapat mengetahui dan memahami hukum dengan baik, sehingga dapat menumbuhkan kesadaran dan kepatuhan hukum terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Menurut Amin, kegiatan itu juga melibatkan mahasiswa sehingga dapat menjadi wadah untuk melatih dan mengembangkan diri setelah menerima ilmu di bangku perkuliahan.

Kepala Seksi Umum Polsek Cangkuang, Aipda Denny Haryadi mengatakan kegiatan penyuluhan itu bisa membantu anggota Polri yang berdinas di Polsek Cangkuang. Denny juga berharap kegiatan penyuluhan hukum seperti ini dapat dilanjutkan kembali di lain waktu. 

"Harapan kami, kiranya kegiatan penyuluhan ini dapat diadakan kembali di waktu yang akan datang. Berhubung saat ini waktunya belum pas karena kondisi ruangan Polsek yang belum memadai, dan Insya Allah nanti kantor Polsek akan pindah ke kantor baru yang saat ini masih tahap penyelesaian. Selain itu, saat ini ada anggota yang melaksanakan tugas rutin sehingga belum sempat untuk mengikuti kegiatan penyuluhan ini," harapnya. 

Mahasiswa Fakultas Hukum Ubhara Jaya Alfin Pratama mengatakan kegiatan penyuluhan itu sangat bermanfaat bagi mahasiswa.

"Karena dapat memperdalam ilmu pengetahuan secara langsung melalui kegiatan penyuluhan," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

 MI/ Moh Irfan

Mentan SYL Ungkap Sosok Tjahyo Kumolo, Ahli Ibadah dan Pembela Rakyat

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 14:17 WIB
Mentan SYL mengungkapkan bahwa almarhum Tjahyo Kumolo semasa hidupnya adalah sosok idealis yang mengedepankan kepentingan bangsa dan...
MI/Ramdani

3 Pengemudi Mobil yang Balap Liar Tutup Jalan di Senayan Ditangkap

👤Rahmatul Fajri 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 12:30 WIB
Wakil Dirlantas Polda Metro Jaya, AKBP Rusdy Pramana menjelaskan ketiga pelaku tersebut diamankan setelah polisi melakukan penyelidikan...
ISt

188 Orang Daftar jadi Hakim AdHoc HAM Berat Paniai

👤Tri Subarkah 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 12:24 WIB
"Jumlah pendaftar keseluruhan adalah 188 orang, terdiri dari 148 laki-laki dan 40...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya