Senin 04 April 2022, 08:34 WIB

Mahfud MD: Tak Pernah Ada Larangan Anak PKI jadi TNI

Agus Utantoro | Politik dan Hukum
Mahfud MD: Tak Pernah Ada Larangan Anak PKI jadi TNI

MI/Susanto
Menkopolhukam Mahfud MD

 

MENKOPOLHUKAM Mahfud MD menegaskan, tidak pernah ada aturan yang melarang anak-anak yang orang tuanya terlibat Partai Komunis Indonesia (PKI), masuk menjadi anggota TNI.

Karena itu, katanya, kebijakan Panglima TNI yang membolehkan anak-anak yang orang tuanya terlibat PKI masuk menjadi anggota TNI sebagai sesuatu yang normatif.

"Ya ndak papa itu kebijakan Panglima. Menurut saya normatifnya (pelarangan itu) tidak ada," kata Mahfud MD Usai memberikan ceramah tarawih di Masjid UGM, Minggu (3/4) malam

Meski demikian, jelasnya dalam praktik pada masa-masa lalu itu ada. Misalnya dibuat aturan terkait dengan bersih lingkungan.

Mahfud lebih lanjut mengatakan pada seleksi ideologi dapat diterapkan kepada semua calon, untuk mengetahui kecenderungan ideologinya.

"Sekarang semua mari kita pilih orangnya, meski bukan keturunan PKI kalau ideologinya PKI ya jangan diterima kan gitu," ujar Mahfud.

Ditegaskan Mahfud, hingga saat ini, Indonesia masih menganggap PKI sebagai partai terlarang, komunisme tidak boleh menjadi dasar ideologi kita. "Normatifnya kan gitu," ungkapnya.

Menurut Mahfud, TNI bukanlah institusi pertama yang membolehkan anak-anak PKI bergabung. Ia mengungkapkan, untuk masuk menjadi ASN atau PNS, bahkan menjadi anggota legislative atau kepala daerah, tidak ada syarat yang melarang anak-anak PKI bergabung.

Ia mengingatkan, TNI memiliki alat tes yang dapat mengetahui kecenderungan ke arah mana ideologi. Menurut Mahfud alat yang digunakan itu ilmiah dan melalui uji yang cukup lama. "TNI itu hebat lho," kata dia.

Menyinggung rekonsiliasi, Mahfud mengatakan tidak perlu diupacarakan, tetapi diharapkan rekonsiliasi berlangsung alamiah seperti yang terjadi sekarang ini.

"Rekonsoliasi alamiah ndak perlu diupacarakan malah ramai, alamiah saja seperti sekarang, semua boleh terus yang tidak benar dipinggirkan, kalau direncanakan ada upacara ada panitia ada keputusannya malah ndak jadi ramai bertengkar lagi," tandasnya. (OL-13)

Baca Juga: Panglima Gepako: Pertahanan RI Jebol karena Anak PKI Bisa jadi TNI

Baca Juga

Ist

Dr.Rahmat Dwi Putranto: Teknologi Pengaruhi Eksistensi Hukum di Masyarakat

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 22:07 WIB
Dr.Rahmat Dwi Putranto berharap ke depan dapat dilahirkan mata kuliah untuk mahasiswa hukum di Indonesia yang bernama Teknologi...
Dok Kejagung

Kejagung Periksa Tiga Saksi Terkait Penyerobotan Lahan oleh PT Duta Palma

👤Siti Yona Hukmana 🕔Senin 04 Juli 2022, 20:32 WIB
Kejagung menyebut PT Duta Palma tak mengantongi surat-surat dalam mengelola lahan...
Antara

Terdakwa Alvin Lim Akui Tak Terima Surat Pemanggilan Sidang Pertama

👤Ant 🕔Senin 04 Juli 2022, 20:00 WIB
Alvin mempersoalkan tindakan upaya paksa yang dilakukan jaksa dari Kejari Jaksel didampingi petugas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya