Selasa 11 Januari 2022, 13:27 WIB

Pekan Depan RUU TPKS Resmi Inisiatif DPR

Sri Utami | Politik dan Hukum
Pekan Depan RUU TPKS Resmi Inisiatif DPR

Antara
Dalam pidatonya, Puan Maharani mengatakan DPR berkomitmen untuk segera menyelesaikan RUU TPKS.

 

KETUA DPR Puan Maharani memastikan RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS) akan segera disahkan sebagai RUU Inisiatif DPR. Pengesahan tersebut akan dilakukan pada pekan depan.

"Insyaallah, Selasa, 18 Januari 2022 RUU TPKS disahkan menjadi RUU inisiatif DPR," ungkapnya.

Baca juga: RUU TPKS Disahkan Menjadi RUU Inisiatif

Pernyataan disampaikan Puan dalam Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan III Tahun Sidang 2021–2022 DPR RI di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (11/1/2022). 

Dalam pidatonya, Puan menyebut Tahun 2022 membuka harapan agar pemulihan sosial dan ekonomi dampak pandemi covid-19 dapat lebih cepat dan berjalan dengan baik. Sejumlah agenda strategis DPR pada masa sidang ini telah menunggu pelaksanaan program pemulihan tersebut melalui fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan.

“Dalam menjalankan fungsi legislasi, DPR RI akan menuntaskan 40 RUU sebagai Prolegnas Prioritas Tahun 2022. Beberapa agenda legislasi yang menjadi perhatian luas dari rakyat Indonesia saat ini antara lain adalah RUU TPKS," kata dia.

RUU TPKS telah selesai diharmonisasi oleh Badan Legislasi (Baleg) DPR pada masa persidangan lalu. DPR berkomitmen menuntaskan RUU TPKS mengingat kasus-kasus kekerasan seksual di Indonesia semakin marak terjadi sehingga dinilai sudah menjadi kebutuhan hukum di Indonesia.

“RUU TPKS perlu segera dibahas dan ditetapkan oleh DPR RI bersama pemerintah. Pimpinan DPR RI akan segera menindaklanjuti RUU TPKS sesuai dengan ketentuan mekanisme, sehingga minggu depan RUU TPKS dapat disahkan sebagai RUU inisiatif DPR dan selanjutnya akan dibahas bersama pemerintah,” jelas Puan.

Mantan Menko PMK itu menambahkan, pihaknya memberi apresiasi untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memandang kehadiran RUU TPKS sudah sangat diperlukan untuk perlindungan terhadap korban kekerasan seksual, khususnya perempuan. Puan mengajak pemerintah bekerja optimal dalam pembahasan RUU TPKS ke depan.

“RUU TPKS diharapkan dapat memperkuat upaya perlindungan dari tindak kekerasan seksual dan juga mempertajam paradigma untuk berpihak kepada korban,” ucapnya. (Sru/A-3)

Baca Juga

MI/Andri Widiyanto

Soal Vonis Heru Hidayat, Jaksa Agung: Tidak ada Kata Lain Selain Banding 

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 19 Januari 2022, 19:42 WIB
"Kemudian ASABRI (kerugiannya) Rp22,7 triliun terbukti, hukumannya nihil. Secara yuridis kita mengerti lah, tapi rasa keadilan...
MI/RAMDANI

Rendahnya Elektabilitas Airlangga Pantik Gesekan di Internal Golkar

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 19 Januari 2022, 19:40 WIB
Kondisi itu memantik politikus senior Golkar Paskalis Kossay angkat...
Dok. Pribadi

Elektabilitas Airlangga Rendah, Golkar : Hasil Survei Jangan Jadi Patokan 

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Rabu 19 Januari 2022, 19:38 WIB
“Saya kira terlalu dini bila kita belum apa-apa langsung menarik kesimpulan tentang segala sesuatu, terlebih bila yang dijadikan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya