Senin 23 Agustus 2021, 16:20 WIB

Megawati: Kantor Partai bukan Milik Pribadi

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Megawati: Kantor Partai bukan Milik Pribadi

Antara
Megawati Soekarnoputri mengikuti rapat senat terbuka dalam rangka pengukuhan guru besar di Universitas Pertahanan.

 

KETUA Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri menyatakan tidak ada aset partai yang boleh dialihkan sebagai milik pribadi. Menurutnya, kantor PDIP merupakan harta milik partai sepenuhnya.

Hal itu diungkapkan Megawati saat meresmikan 10 gedung kantor partai baru, yang tersebar di sejumlah wilayah. Sebagai ketua umum partai, dirinya merasa bahagia dengan peresmian yang disimbolisasikan dengan penandatanganan prasasti.

Pada gelombang kali ini, yang ditandatangani adalah 8 kantor DPC setingkat kabupaten/kota, sebuah gedung serbaguna yang diurusi DPD PDIP Banten dan kantor partai di Jakarta Selatan, yang diubah menjadi gedung Sekolah Partai.

Baca juga: Megawati Ingatkan Kader Jangan Terlena di Zona Nyaman

Megawati mengatakan kantor partai adalah milik partai, bukan perorangan. Tentu ini berbeda dengan masa lalu, atau praktik masa kini oleh parpol lain. PDIP dikatakannya mempelopori partai politik dibangun secara struktural sebagai institusi demokrasi. Dalam hal ini, bukan milik pribadi politisi.

"Tempat ini bukanlah tempat perorangan, tapi merupakan aset partai. Keseluruhan aset PDI Perjuangan adalah milik PDI Perjuangan. Nantinya juga melalui proses, diberikan kepada DPP partai," ujar Megawati dalam keterangan resmi, Senin (23/8).

Dia pun meminta seluruh jajaran PDIP untuk membangun partai sebagai rumah rakyat. "Marilah terus bangun partai yang kita sayangi, dengan mewujudkan rumah partai yang saya sebut rumah rakyat," imbuh Megawati.

Baca juga: PDIP Satu Komando Patuhi Larangan Bicara Capres 2024

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto juga menyatakan hal senada. Bahkan, Hasto menyebut kantor PDIP di seluruh Indonesia merupakan harta abadi yang dimiliki partai. "Kantor tidak boleh diperjualbelikan. Ini melekat sebagai harta abadi yang dimiliki oleh partai," pungkas Hasto.

Pada acara peresmian itu, baik Megawati maupun Hasto hadir secara virtual. Megawati didampingi Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga. Sementara, para Ketua DPP PDIP hadir secara fisik di gedung Sekolah Partai di Lenteng Agung, termasuk Djarot Saiful Hidayat dan Ribka Tjiptaning.(OL-11)


 

Baca Juga

MI/ HO

Jokowi Dinilai Jaga Marwah Indonesia dengan Aktif Redam Konflik Rusia-Ukraina

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 14:26 WIB
Presiden dijadwalkan menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin pada akhir Juni di kesempatan...
Ist

Ganjar Pranowo Dicegat Puluhan Anak-Anak saat Hadiri Gelar Tari Pancasila

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 11:49 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dicegat puluhan anak-anak saat menghadiri Gelar Tari Pancasila di komplek Taman Budaya Jawa Tengah...
Ist

Bos Indosurya Dibebaskan, Kejagung: Berkas Tersangka Belum Lengkap

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 26 Juni 2022, 07:15 WIB
KEPALA Pusat Penerangan Hukum Ketut Sumedana membeberkan alasan bos Indosurya dibebaskan dari Bareskrim...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya