Minggu 06 Juni 2021, 13:27 WIB

Ini Catatan DPR Atas Kinerja Penyekatan Polri

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Ini Catatan DPR Atas Kinerja Penyekatan Polri

Antara
Penyekatan

 

DPR RI menilai penyekatan mudik dan balik lebaran 2021 yang dilaksanakan oleh Polri dinilai berhasil. Pasalnya angka pemudik dari tahun sebelumnya turun secara signifikan.

“Pertama, dalam menjalankan operasi Ketupat 2021 ini, polisi udah berkordinasi secara baik dan efektif dengan banyak institusi lain. Mulai dari Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, hingga Jasa Marga untuk mereka yang mudik lewat jalur tol. Koordinasinya pun sangat baik, dari mulai mengedukasi masyarakat supaya nggak mudik, sampai tes Covid-19 di tempat," ujar Wakil Ketua Komisi III DPR RI asal Fraksi Partai NasDem Ahmad Sahroni dalam keterangannya, Minggu (6/6).

Ia mengapresiasi capaian Polri tersebut lewat operasi ketupat 2021 yang berhasil menurunkan angka pemudik. Berbagai tindakan dalam penyekatan oleh Polri sangat efektif.

Baca juga : DPR Dukung Kemajuan Alutsista dan Sarpras SatBravo 90 Paskhas AU

Menurut dia, Polri juga mengedepankan pendekatan persuasif dan akomodatif dalam menjalankan tugasnya menghalau para pemudik. "Mereka tidak saklek atau memaksa pemudik untuk putar balik dengan keras atau tangan besi, namun persuasif, membujuk, dan memberi edukasi," katanya.

Sahroni juga menyebut bahwa kinerja mencegah mudik ini bukan tugas yang mudah, karena melibatkan angka masyarakat yang besar dan diperlukan kordinasi yang cekatan dengan banyak institusi negara.

“Banyak masyarakat dan instusi yang terlibat, namun dengan menurun drastisnya angka pemudik di tahun 2021, ini membuktikan bahwa polisi telah berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik,” tutupnya. (OL-2)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Moeldoko: Kalau Diperlukan, TNI Bisa Tangkap Lukas Enembe

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 29 September 2022, 13:37 WIB
"Kalau dia dalam perlindungan masyarakat, apa perlu TNI dikerahkan? Kalau diperlukan, ya apa boleh...
Ist

Anggota DPR Gelar Sosialisasi Pemilu Serentak 2024 di Rembang, Jateng

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 13:30 WIB
Riyanta berharap, sosialisasi ini bertujuan untuk mengajak masyarakat, yang sudah memiliki hak pilihnya di tahun 2024, untuk memanfaatkan...
Ist/DPR

Komisi I DPR : Peretasan Terhadap Jurnalis Merupakan Ancaman Bagi Demokrasi

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 13:21 WIB
Meutya Hafid mengatakan dugaan peretasan terhadap kerja jurnalistik yang dialami awak redaksi Narasi merupakan perbuatan melawan hukum yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya