Senin 17 Mei 2021, 20:07 WIB

Besok, MKD Gelar Pleno Sikapi Laporan Terkait Azis Syamsuddin

Fachri Audhia Hafiez | Politik dan Hukum
Besok, MKD Gelar Pleno Sikapi Laporan Terkait Azis Syamsuddin

MI/Tiyok
Ilustrasi

 

MAHKAMAH Kehormatan Dewan (MKD) akan menggelar rapat pleno terkait laporan terhadap Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin pada Selasa, 18 Mei 2021. MKD menerima lima laporan terkait dugaan keterkaitan Azis dengan suap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Rapat pleno antara pimpinan dengan seluruh anggota MKD yang berjumlah 17 orang," ujar Ketua MKD DPR, Aboe Bakar Al-Habsyi, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (17/5).

Aboe mengatakan, rapat tersebut bukan untuk memanggil Azis. Rapat itu untuk membahas langkah yang mesti disikapi MKD atas masalah politikus Partai Golkar itu.

Sejauh ini, kata Aboe, MKD telah menjalankan tata beracara dalam menerima sejumlah laporan. Penegakkan hukum dipastikan tetap berjalan seperti biasa.

Baca juga : Apresiasi Sikap Jokowi, 75 Pegawai KPK Minta Penonaktifan Dicabut

"Kita enggak ikut campur apa yang terjadi," ucap Aboe.

Terdapat lima laporan yang disampaikan sejumlah pihak ke MKD. Namun, Aboe tak menerangkan pihak mana saja yang sudah diterima laporannya itu. MKD dipastikan tetap memproses laporan dengan profesional. Termasuk mengklarifikasi laporan yang masuk. Tahapan ini membutuhkan waktu 14 hari.

"Staf ahli sudah melakukan klarifikasi lembaga-lembaga yang memberikan pengaduan," ujar Aboe.

Azis diduga terlibat dalam kasus suap penyidik KPK AKP Stepanus Robin Pattuju. Dia memperkenalkan Robin dengan Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial. Politikus Partai Golkar itu juga disebut memfasilitasi pertemuan antara Robin dan Syahrial pada Oktober 2021. Pertemuan berlangsung di rumah dinas wakil ketua DPR. (OL-2)

 

Baca Juga

freepik.com

Polisi Amankan Delapan Orang Diduga Penganut Aliran Sesat

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 24 Juni 2021, 21:55 WIB
Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polrestabes Bandung mengamankan delapan orang yang diduga membuka pusat pendidikan agama dengan aliran...
Dok. Puspenkum Kejagung

Ferarri Sitaan Kasus ASABRI Laku Rp6,3 Miliar

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 24 Juni 2021, 19:26 WIB
Mobil yang disita dari tersangka Komisaris Utama PT Trada Alam Minera Heru Hidayat itu laku Rp6,378 miliar. Dalam pelelangan yang dilakukan...
Antara

KPK Eksekusi Mantan Dirut PT DI ke Lapas Sukamiskin

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 24 Juni 2021, 19:01 WIB
Berdasarkan putusan pengadilan, Budi Santoso juga dikenai hukuman uang pengganti senilai Rp2 miliar sesuai jumlah uang yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Diplomasi Jalur Rempah di Kancah Dunia

Perjalanan sejarah Indonesia terasa hambar tanpa aroma rempah. Warisan sosial, ekonomi, serta budaya dan ilmu pengetahuan itu kini dikemas dan disodorkan kepada dunia untuk diabadikan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya