Selasa 04 Mei 2021, 09:23 WIB

KPK Minta Masyarakat tidak Termakan Isu Pemecatan Novel Baswedan

Candra Yuri Nuralam | Politik dan Hukum
KPK Minta Masyarakat tidak Termakan Isu Pemecatan Novel Baswedan

AFP/BAY ISMOYO
Penyelidik KPK Novel Baswedan

 

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta masyarakat tidak termakan kabar miring tentang pemecatan seluruh kepala satuan tugas (kasatgas) KPK. Salah satu kasatgas yang dikabarkan akan dipecat yakni Novel Baswedan.

"Kami menegaskan agar media dan publik berpegang pada informasi resmi kelembagaan KPK," kata Sekretaris Jenderal KPK Cahya H Harefa melalui keterangan tertulis, Selasa (4/5).

Cahya mengatakan, secara kelembagaan, Lembaga Antikorupsi itu taat pada Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK. Aturan itu mewajibkan seluruh karyawan KPK mengubah status mereka menjadi aparatur sipil negara (ASN).

Baca juga: ICW Harap Uji Formil dan Uji Materi UU KPK Dikabulkan MK

Alih status itu dilakukan dengan cara mengikuti serangkaian tes yang diakhiri dengan tes wawancara kebangsaan yang dilakukan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Tes itu pun sudah dijalankan semua pegawai.

Hasilnya sudah diterima KPK pada 27 April 2021. Lembaga Antikorupsi itu menyambangi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) untuk mengambil hasil itu.

"Hasil tersebut itu merupakan penilaian dari 1.349 pegawai KPK yang telah mengikuti asesmen tes yang merupakan syarat pengalihan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi menjadi ASN," ujar Cahya.

Cahya mengatakan belum ada yang mengetahui hasilnya. Pasalnya, kata dia, hasilnya masih terkunci rapat.

"Masih tersegel dan disimpan aman di gedung Merah Putih KPK dan akan diumumkan dalam waktu dekat sebagai bentuk transparansi kepada seluruh pemangku kepentingan KPK," tutur Cahya. (OL-1)

Baca Juga

MI/M. irfan

100 Hari Kerja Jenderal Listyo Sigit Diapresiasi  

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 08 Mei 2021, 22:45 WIB
Menurut Dasco, 100 hari kepemimpinan Listyo Sigit telah menunjukkan transformasi kepolisian yang lebih maju dan modern, dengan...
dok/pribadi

Perppu No 1 Tahun 2020, Salah Satu Skenario Penyelamatan Negara

👤Media Indonesia 🕔Sabtu 08 Mei 2021, 21:35 WIB
Lahirnya Perppu Nomor 1 Tahun 2020 itu dilatarbelakangi situasi dan kondisi negara dalam keadaan darurat, karena harus menghadapi serangan...
Ist

85 WNA Tiongkok Masuk RI, Gus AMI: Pemerintah Harus Lebih Peka

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 08 Mei 2021, 18:54 WIB
Sebanyak 85 warga Tiongkok ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta dengan menggunakan pesawat China Southern Airlines (charter flight)...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kualitas Kompetisi Harus Ditingkatkan

Regulasi yang dibuat operator dan regulator harus bisa meningkatkan standar liga dan klub

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya