Kamis 29 April 2021, 16:08 WIB

KKB Papua Dinyatakan Teroris, Polri Kaji Libatkan Densus 88

Rahmatul Fajri | Politik dan Hukum
KKB Papua Dinyatakan Teroris, Polri Kaji Libatkan Densus 88

Dok.Puspen TNI
Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua kerap melakukan penyerangan terhadap warga sipil dan anggota TNI-Polri.

 

ASUSTEN Kapolri bidang Operasi (Asops) Irjen Imam Sugianto mengungkapkan pihaknya sedang mengkaji pelibatan Densus 88 Antiteror Polri dalam operasi menumpas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua. Hal itu dilakukan setelah pemerintah resmi melabeli KKB Papua sebagai daftar terduga teroris dan organisasi teroris (DTTOT).

Imam mengatakan jika nantinya Densus 88 memang dilibatkan, maka nantinya akan diterjunkan untuk memetakan KKB Papua.

"Nanti arahan pak Kapolri bagaimana, terutama pelibatan Densus. Artinya kalau sudah ditetapkan begitu. Densus nanti harus kami ikutkan membantu. Paling tidak memetakan, segala macam itu," kata Imam ketika dikonfirmasi, Kamis (29/4).

Imam meminta semua pihak menunggu hasil pembahasan dan pengkajian tersebut. Ia mengatakan nantinya akan diputuskan oleh Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

Lebih lanjut, Imam mengatakan sebelumnya Densus 88 turut membantu operasi yang dijalankan Satgas Madago Raya di Sulawesi Tengah (Sulteng) yang memburu Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora.

"Seperti Madago Raya di Sulawesi Tengah lah. Itu kan sama, jadi satgas operasi kita bentuk. Tapi, Densus juga menyelenggarakan operasi yang link-up dengan satgas kami itu," katanya.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD memastikan pemerintah telah mengkategorikanKKB Papua serta seluruh organisasi dan orang-orang yang tergabung di dalamnya dan yang mendukung gerakan tersebut sebagai teroris.

"Pemerintah menganggap bahwa organisasi dan orang-orang di Papua yang melakukan kekerasan masif dikategorikan sebagai teroris," ungkap Mahfud.(Faj/OL-09)

Baca Juga

Mi/Adam Dwi

Wapres Minta Bangsa Kembali Tumbuhkan Kekuatan Nasional

👤Indriyani Astuti 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 20:43 WIB
Wapres mengatakan, untuk menghadapi situasi seperti saat ini, bangsa Indonesia perlu menumbuhkan kembali kekuatan nasional yang pernah...
Ilustrasi

Perubahan APBD Lambat, Serapan Anggaran Covid Daerah Rendah

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 20:06 WIB
Penyerapan belanja pandemi covid di daerah masih rendah karena perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) terlambat setelah...
Dok MI

Penyaluran Anggaran Korona Tersendat di Daerah karena Alasan Ini

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 19:15 WIB
Satu kesalahan fatal lainnya yang dilakukan pusat, lanjut dia, adalah tidak mengantisipasi adanya gelombang kedua covid-19 dengan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pemerintah Afghanistan Hadapi Krisis Eksistensial

 Laporan SIGAR menggarisbawahi kekhawatiran pasukan Afghanistan tidak siap untuk melakukan pertahanan yang berarti

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya