Senin 01 Maret 2021, 14:59 WIB

12 Teroris di Jatim Rancang Bunker untuk Rakit Bom

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum
12 Teroris di Jatim Rancang Bunker untuk Rakit Bom

MI/Andri Widiyanto
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono

 

POLRI menyatakan bahwa 12 terduga teroris yang ditangkap oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror di wilayah Jawa Timur, merancang pembuatan bunker untuk melakukan perakitan bom. 

Seluruh teroris yang diamankan di Jawa Timur, yakni UBS alias F, TS, AS, AIH alias AP, BR, RBM, Y, F, ME, AYR, RAS, MI. Mereka diduga berafiliasi dalam kelompok Jamaah Islamiyah (JI).

"Tentunya mereka telah melakukan aktivitas-aktivitas berupa latihan beladiri dan mereka juga sudah merancang bunker yang akan digunakan untuk kegiatan pembuatan senjata maupun bom rakitan," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono, di Mabes Polri, Jakarta (1/3).

Tak hanya itu, jaringan tersebut juga telah mempersiapkan tempat penyimpanan senjata dan juga telah lokasi pelarian setelah melakukan aktivitas terorisme. 

Baca juga : Densus 88 Sita 50 Butir Peluru 9mm dan Pistol Rakitan Jenis FN

Ke-12 teroris itu, lanjut Rusdi, juga telah merencanakan untuk melakukan aksi Amaliah disalah satu lokasi. Namun, Ia tidak memaparkan dimana letak incaran dari kelompok itu melakukan aksinya.

"Dan yang perlu dicatat oleh kami semua, mereka juga telah berencana melakukan amaliah yang tentunya ini perlu kami perhatikan dan rencana amaliah dapat dilakukan upaya-upaya pencegahan dari Densus 88 antiteror Polri," papar Rusdi.

Sebelumnya, Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri melakukan operasi penindakan di sejumlah wilayah Provinsi Jawa Timur (Jatim). Dalam hal itu, polisi menangkap setidaknya 12 orang terduga teroris.

"Dalam operasi penangkapan di Jawa Timur, tim Densus 88 menangkap 12 orang terduga teroris," kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, Jakarta, Jumat (26/2).  (OL-2)

 

Baca Juga

MI/Tiyok

Besok, MKD Gelar Pleno Sikapi Laporan Terkait Azis Syamsuddin

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Senin 17 Mei 2021, 20:07 WIB
"Rapat pleno antara pimpinan dengan seluruh anggota MKD yang berjumlah 17 orang," ujar Ketua MKD DPR, Aboe Bakar...
MI/M Irfan

Polri dalami 30 Saksi Terkait Kasus Bupati Nganjuk

👤Kautsar Bobi 🕔Senin 17 Mei 2021, 20:01 WIB
"Tersangka NRH bupati Nganjuk sudah dilakukan pemeriksaan 11 saksi untuk yang bersangkutan," ujar Kadiv Humas Mabes Polri Irjen...
Ist/DPR

Puan Dorong Pemerataan Ketersediaan Vaksin di Seluruh Dunia

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 17 Mei 2021, 20:00 WIB
Solidaritas global menjadi satu-satunya pilihan yang harus diambil untuk mengatasi potensi memburuknya dampak pandemi Covid-19 di tengah...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Optimalkan Potensi Zakat, Ekonomi Bergerak

Berdasarkan data outlook zakat Indonesia pada 2021 yang dipublikasikan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), potensi zakat Indonesia mencapai Rp327,6 triliun.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya