Jumat 15 Maret 2019, 14:29 WIB

Polisi: Terduga Teroris di Riau Sekelompok Abu Hamzah

Candra Yuri NuralamĀ  | Politik dan Hukum
Polisi: Terduga Teroris di Riau Sekelompok Abu Hamzah

ANTARA/Aprillio Akbar

 

PENANGKAPAN terduga teroris Abu Riky di Kelurahan Bagan, Kecamatan Bangko, Rokan Hilir, Riau, disebut berkaitan dengan Abu Hamzah; terduga peledakan bom di Sibolga, Sumatra Utara. Keduanya berasal dari kelompok yang sama.
 
"Dia juga (Abu Riky) sama akan melakukan amaliyah, perannya adalah menggugah beberapa video, foto, yang isinya propaganda," kata Karopenmas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (15/3).
 
Dedi mengatakan peran Abu Riky tidak seganas Abu Hamzah. Abu Riky, kata dia, hanya berperang melalui media sosial berupa pengunggahan konten-konten terorisme. 

"Dia mengunggah kembali video ledakan pada saat debat capres kedua kemudian dia mengambil video kegiatan ISIS yang ada di Filipina dan kegiatan ISIS yang ada di beberapa wilayah di dunia," ujar Dedi.
 
Dedi menambahkan tujuan sementara dari pengunggahan itu hanya untuk menyemangati sesama anggota kelompok. Saat ini, kepolisian masih mendalami peran Abu Riky.

 

Baca juga: Densus Tangkap Dua Perempuan Terkait Bom Sibolga
 

Penggunaan alat dari Abu Riky jiga tidak sebahaya Abu Hamzah. Pada saat penangkapan Abu Riky, lanjut dia, tidak ditemukan peledak.
 
"Kalau saudara R beberapa barang bukti yang ditemukan antara lain busur panah, kalau kelompoknya AH itu sudah menyiapkan bom. Kalau R amaliyah menggunakan panah, R ditangkap berdasarkan analisa jejak digital," tutur Dedi.
 
Berdasarkan pemantauan, polisi menyimpulkan Abu Riky sudah terpapar paham ISIS. Namun, kata Dedi, belum terlalu parah.
 
"Telah dirasakan cukup maka berdasarkan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2018. Polri melaksanakan preventive strike atau pencegahan secara awal," kata Dedi. (Medcom/OL-3)
 

Baca Juga

MI/Susanto

Hari Ini, DPR Gelar Paripurna Soal Calon Kapolri

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 21 Januari 2021, 08:46 WIB
Komisi III DPR RI menyetujui penunjukan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri setelah mendengarkan pendapat fraksi-fraksi dalam...
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

KPK Lelang Tujuh Barang Milik Dua Koruptor

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Kamis 21 Januari 2021, 08:04 WIB
KPK melelang tujuh barang milik dua koruptor milik Syahrul Raja Sampurnajaya mantan pejabat di Bappebti, dan Hendry Saputra,...
MI/Susanto

KPK Hitung Ulang Uang Suap Juliari

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Kamis 21 Januari 2021, 07:37 WIB
Total uang haram yang diterima Juliari diselisik melalui saksi yang dipanggil oleh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya