Jumat 23 September 2022, 14:26 WIB

Ducati Berpeluang Terapkan Team Order di Motegi

Dhika kusuma winata | Olahraga
Ducati Berpeluang Terapkan Team Order di Motegi

Toshifumi KITAMURA / AFP
Francesco Bagnaia

 

DOMINASI penunggang Ducati di papan atas Moto-GP merepotkan sang juara bertahan Fabio Quartararo (Yamaha). Ducati pun disebut-sebut berpeluang memainkan strategi team order untuk membantu Francesco Bagnaia yang kini hanya terpaut 10 poin dari Quartararo.

Namun, Bagnaia menegaskan tak menginginkan team order untuk membantunya meraih kemenangan pada GP Jepang di Sirkuit Motegi demi merebut posisi puncak klasemen menyalip Quartararo. Dia lebih memilih persaingan yang wajar meski soal team order bukan wilayahnya membuat keputusan.

"Saya rasa saya tidak perlu bantuan untuk berada di depan. Saya lebih suka menang di trek dan bukan karena seseorang membiarkan saya lewat," ucap Bagnaia.

"Tapi bagaimanapun, saya tidak berada di dalam keputusan ini. Itu adalah sesuatu yang pasti saya katakan keinginan saya, yaitu membiarkan saya melakukan apa yang saya inginkan," imbuhnya.

Bagnaia sebenarnya berpeluang menipiskan jarak dari Quartararo lima poin jika ia mampu menang di Aragon pekan lalu. Namun, persaingan sengit hingga lap terakhir dengan sesama penunggang Ducati, Enea Bastianini (Gresini Racing), membuatnya harus puas finis di tempat kedua.

Ducati sejauh ini menyatakan tak akan mengintervensi persaingan sesama penunggang Desmosedici yang mewakili empat tim berbeda. Di peringkat enam besar klasemen saat ini ada empat pembalap dari tim pabrikan maupun satelit Ducati.

Baca juga: Quartararo Yakin Bisa Maksimal di Motegi

"Jika mereka (tim) memutuskan sesuatu yang berbeda, itu tidak ada hubungannya dengan saya. Jadi, saya akan balapan, saya akan mencoba untuk berada di depan dan saya akan mencoba untuk menang. Ini akan menjadi tujuan utama saya seperti yang saya lakukan di Misano dan di Aragon," ucap Bagnaia.

Di sisi lain, Bastianini mengatakan tak ada instruksi apa pun dari tim untuk membantu Bagnaia menang di Motegi. Di Gresini, ujar Bastianini, situasinya sedang tenang-tenang saja.

"Perasaan saya baik dan saya pikir juga Ducati menginginkan ini (persaingan biasa) untuk saat ini. Saya belum mendapat team order untuk saat ini dan kita akan melihat apa yang terjadi jika Pecco (Bagnaia) ada di depan," ucapnya.

Bastianini sebelumnya sudah menegaskan bertekad untuk terus kompetitif jelang hingga akhir musim ini setelah mampu naik podium beruntun di San Marino dan Aragon. Dia mengincar poin sebanyak-banyaknya di Motegi yang sekarang terpaut 48 poin dari Quartararo.

"Saya lebih dekat sekarang dalam hal kejuaraan (klasemen) tetapi untuk saat ini hanya ada satu hal, saya harus melakukan 100% untuk menjadi cepat (di Motegi)," ucapnya. (OL-4)

Baca Juga

AFP

Iga Swiatek Masih Kukuh di Puncak Peringkat WTA

👤Ant 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:37 WIB
Swiatek merebut gelar juara French Open tahun ini dan masih berselisih hampir dua kali lipat poin dari petenis Tunisia Ons...
Dok. FISI

Hendri Yanto Handoyo Resmi Pimpin Federasi Ice Skating Indonesia (FISI) DKI Jakarta

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 21:49 WIB
Susan menyebutkan,  Jakarta sebagai kota besar dengan fasilitas dan sarana latihan yang cukup lengkap diharapkan dapat melahirkan...
MI/DJOKO SARDJONO

Meriahkan HUT Ke-77 TNI, Kodim Klaten Gelar Turnamen Bola Voli Plastik

👤Djoko Sardjono 🕔Senin 03 Oktober 2022, 20:55 WIB
Tujuan diadakan turnamen ini untuk mengasah talenta penggemar bola voli plastik di Klaten. Selain itu, juga untuk memeriahkan HUT ke-77...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya