Rabu 01 Desember 2021, 11:25 WIB

Airlangga Dukung Development Basketball League (DBL) Luar Jawa-Bali

mediaindonesia.com | Olahraga
Airlangga Dukung Development Basketball League (DBL) Luar Jawa-Bali

Ist
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menghadiri Tip Off Penyelenggaraan DBL Wilayah Luar Jawa-Bali 2021.

 

MENTERI Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dukung pelaksanaan ajang kompetisi bola basket tingkat pelajar, Development Basketball League (DBL) di wilayah luar Jawa-Bali.

Menurut Airlangga, olahraga memiliki peran penting untuk kesehatan tubuh dan mental. Meski demikian, ia tetap memberikan catatan protokol kesehatan (prokes), seiring dilaksanakannya gelaran tersebut.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi (KPC-PEN) itu megharuskan pihak penyelenggara untuk membuat Satgas Covid-19 di setiap agenda. 

“Saat kasus aktif telah turun, kita tetap tidak boleh lengah dan harus tetap menjaga penegakan prokes agar tidak terjadi lagi kenaikan kasus yang tidak kita harapkan," kata Menko Perekonomian.

"Di sisi lain, olahraga mempunyai peran sangat penting, karena menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh, bahkan menguatkan mental,” ujar Airlangga, dalam Tip Off Penyelenggaraan DBL Wilayah Luar Jawa-Bali 2021, di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa (30/11).

Gelaran DBL luar Jawa-Bali tahun ini akan dilaksanakan di lima titik yang berlokasi di Banda Aceh, Jayapura, Padang, Manado, dan Jambi.

Kemudian, pada 2022 akan dilanjutkan di delapan lokasi yakni Pekanbaru, Samarinda, Banjarmasin, Medan, Bandar Lampung, Pontianak, Kupang, dan Makassar.

Sebagai salah satu penggemar olahraga basket, Airlangga berharap lokasi gelaran DBL dapat diperluas ke seluruh wilayah, tentunya dengan memperhatikan fasilitas infrastruktur dan level asesmen pandemi di daerah penyelenggara. 

“Tentunya kita berharap bahwa lokasi DBL akan terus meluas ke seluruh wilayah nusantara, sesuai kesiapan daerah masing-masing. Diharapkan semua anak muda kita mendapatkan kesempatan yang sama untuk berprestasi," tutur Airlangga. 

Selain itu, pelaksanaan Liga Honda DBL juga diharapkan bisa menjadi salah satu pendorong pemulihan ekonomi.

Menurut Airlangga, sektor olahraga memicu tumbuhnya berbagai jenis kegiatan industri atau jasa dan perdagangan yang mendukungnya; mulai dari industri pakaian olahraga dan perlengkapannya, seperti sepatu, bola, dan bahkan makanan atau minuman. 

Airlangga berharap, kompetisi DBL dapat berlangsung tertib, aman, serta mematuhi ketentuan prokes selama berlangsungnya kompetisi.

Selain itu, ia menuturkan agar gelaran DBL dapat menjadi media pembiasaan bagi para pelajar, masyarakat, dan insan olahraga, untuk selalu menerapkan prokes dalam kesehariannya. 

“Mari terus kita sebarkan semangat olahraga. Jadikan olahraga sebagai bagian dari pola hidup sehat kita, dan kompetisi ini diperlukan untuk membangun karakter generasi muda bangsa yang kuat dan berjiwa besar. Olahraga Bangkit, Ekonomi Pulih, Covid-19 Terkendali,” pungkas Airlangga. (RO/OL-09)

Baca Juga

Aaron FRANCIS / AFP

Hempaskan Sinner, Tsitsipas Lolos ke Semifinal Australia Terbuka 2022

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Rabu 26 Januari 2022, 17:11 WIB
Menyelesaikan pertandingan dalam durasi 2 jam 5 menit, Tsitsipas tampil gemilang sepanjang pertandingan untuk merebut kemenangan 6-3,...
Michelle Farsi/Getty Images/AFP

James Harden Gagal Bawa Brooklyn Nets Taklukan LA Lakers

👤Ilham Ananditya 🕔Rabu 26 Januari 2022, 12:57 WIB
Brooklyn Nets yang hanya menghadirkan James Harden sebagai bintang utama harus kalah di hadapan publik sendiri dari Los Angeles Lakers...
AFP/Martin KEEP

Kyrgios Sebut Sorotan terhadap Big Three Rugikan Teni

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 26 Januari 2022, 12:15 WIB
"Saya rasa mereka telah dengan berlebihan memsarkan tiga pemain itu selama satu dekade terakhir dan saat ini hal itu harus dibayar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya