Senin 22 November 2021, 09:45 WIB

Hubungi Presiden IOC, Peng Shuai Mengaku Aman dan Sehat

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Hubungi Presiden IOC, Peng Shuai Mengaku Aman dan Sehat

AFP/PAUL CROCK
Petenis Tiongkok Peng Shuai

 

PETENIS Tiongkok Peng Shuai menyatakan dirinya aman dalam video call dengan Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach, Minggu (21/11).

Foto dan video Peng dalam sebuah turnamen di Beijing, di hari yang sama, tidak begitu meredakan kekhawatiran dunia terhadap petenis yang mendadak raib selama hampir tiga pekan setelah menuduh seorang mantan pejabat senior Tiongkok melakukan serangan seksual terhadap dirinya.

IOC mengatakan bahwa, di awal video call selama 30 menit dengan Thomas Bach, Peng berterima kasih kepada IOC atas perhatiannya trehadap keselamatan dia.

Baca juga: Setelah Ungkap Skandal dengan Pejabat Tiongkok, Peng Shuai Baru Muncul ke Publik

"Dia menjelaskan bahwa dia aman dan sehat, tinggal di rumahnya di Beijing, tetapi ingin privasinya dihormati saat ini," kata IOC.

"Itulah sebabnya saat ini dia lebih suka menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga. Meski begitu, dia akan terus terlibat dalam tenis yang sangat dia cintai," sambung IOC.

Pada 2 November, Peng mengunggah pengakuan di media sosial Tiongkok bahwa mantan Wakil Perdana Menteri Zhang Gaoli telah menyerangnya secara seksual, beberapa tahun lalu.

Baik Zhang maupun pemerintah Tiongkok tidak mengomentari tuduhan ini. Postingan media sosial Peng segera dihapus dan topik tersebut diblokir dari diskusi di internet Tiongkok yang memang amat disensor.

Hu Xijin, pemimpin redaksi Global Times yang menjadi corong negara, mengunggah video berdurasi 25 detik di Twitter, Minggu (21/11), yang menunjukkan Peng tersenyum, melambai, dan membubuhkan tanda tangan di atas bola tenis raksasa untuk anak-anak dalam turnamen Fila Kids Junior Tennis Challenger Finals.

Halaman WeChat resmi turnamen tenis di Tiongkok itu menunjukkan foto-foto Peng dalam turnamen tersebut.

Peng adalah pemain ganda nomor satu dunia pada 2014 sehingga menjadi petenis Tiongkok pertama yang mencapai peringkat teratas, setelah memenangkan gelar ganda Wimbledon pada 2013 dan Prancis Terbuka pada 2014.

Pada Sabtu (20/11) malam, Peng mengunjungi sebuah restoran populer di pusat kota Beijing.

Tujuh orang termasuk Peng berada di restoran Sichuan itu, kata manajer Zhou Hongmei.

Asosiasi Tenis Wanita (WTA), yang mengancam akan membatalkan turnamen tenis di Tiongkok, mengatakan foto dan video itu tidak cukup dan tidak menghilangkan kekhawatiran WTA.

Sedangkan Federasi Tenis Internasional (ITF) mengatakan akan terus mencari konfirmasi dari Peng bahwa dia selamat. (Ant/OL-1)

Baca Juga

Christophe ARCHAMBAULT / AFP

Swiatek Berpeluang Lampaui Rekor Venus Williams

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 14:45 WIB
Swiatek kini dalam tren positif seusai menjuarai Prancis Terbuka 2022 lantaran sukses menyamai rekor 35 kemenangan beruntun milik Venus...
AFP/Glyn KIRK

Serena Williams akan Awali Comeback di Wimbledon Kontra Pemain Nonunggulan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 12:30 WIB
Petenis Amerika Serikat (AS) berusia 40 tahun itu terhindar dari pertemuan melawan nama-nama besar dalam undian yang dilangsungkan Jumat...
AFP/ Ethan Mito/Clarkson Creative/Getty Images

Sixers Datangkan Melton dari Grizzlies

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 11:45 WIB
Sixers mendapatkan Melton, yang punya rata-rata kontribusi 10,8 poin bersama Grizzlies musim...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya