Selasa 19 Oktober 2021, 15:25 WIB

Menpora Yakin Polemik Sanksi WADA Segera Rampung

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Menpora Yakin Polemik Sanksi WADA Segera Rampung

Antara
Menpora Zainudin Amali mengikuti rapat kerja dengan Komisi X DPR RI.

 

BUNTUT tidak bisa dikibarkannya Bendera Merah Putih pada upacara kemenangan tim Indonesia di ajang Thomas Cup akibat sanksi Badan Anti-Doping Dunia (WADA), mendorong Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali bergerak cepat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Diketahui, WADA telah memberikan sanki kepada Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI), yang dinilai tidak patuh dalam menjalankan program uji doping. Sejumlah sanksi yang didapat Indonesia, yakni tidak berhak menjadi tuan rumah tingkat benua atau dunia, serta larangan mengibarkan bendera kebangsaan selain ajang sekelas Olimpiade.

Baca juga: Tak Ada Merah Putih di Piala Thomas, Menpora dan LADI Minta Maaf

Merespons kondisi tersebut, Zainudin membentuk tim akselerasi dan investigasi, serta menunjuk Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari sebagi ketua tim. "Saya telah membentuk tim yang diketuai Pak Okto dan memiliki dua tugas, yakni percepatan komunikasi dengan pihak terkait, khususnya WADA," ujar Zainudin dalam keterangan resmi, Selasa (19/10).

"Tugas kedua investigasi, guna mencari apa yang sebenarnya terjadi dan apa penyebabnya, serta mengambil langkah yang diperlukan," imbuhnya.

Komposisi tim Akselerasi dan Investigasi itu terdiri dari tujuh orang. Rinciannya, Ketua KOI Raja Sapta Oktohari, Sekjen KOI Ferry J Kono, dua perwakilan LADI, dua perwakilan induk federasi olahraga dan satu perwakilan pemerintah. Tim ini juga akan dibantu para ahli yang dibagi dalam tiga kelompok, yakni akselerasi, investigasi dan komunikasi.

Baca juga: Puan: Terima Kasih Tim Thomas Cup RI Sudah 'Kibarkan' Merah Putih

Untuk langkah awal, tim akan terlebih dahulu memetakan solusi dengan menghimpun semua data. Serta, permasalahan LADI dalam satu bulan ke depan. Dalam hal ini, sembari melakukan pendekatan eksternal kepada IOC yang menaungi WADA.

Rencananya, ketua Tim Raja Sapta akan menghadiri General Assembly Association of National Olympic Committees (ANOC) di Crete, Yunani, pada 24-25 Oktober. Nantinya, Raja langsung bertolak ke markas besar IOC di Lausanne, Swiss, untuk melakukan koordinasi secara langsung dengan IOC.(OL-11)

 

Baca Juga

Ist/Bpjamsostek

Pesepakbola dan Atlet Profesional Patut Dilindungi Program BPJAMSOSTEK

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Desember 2021, 17:09 WIB
Salah satu isi UU Sistem Keolahragaan Nasional (SKN) memuat aturan bahwa pekerja atlet akan diwajibkan terlindungi jaminan sosial...
ANTARA FOTO/HO-NPC Indonesia

ASEAN Tunjuk 10 Duta Olahraga Wanita untuk Promosikan Kesetaraan Gender

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 02 Desember 2021, 16:43 WIB
Para duta tersebut akan menggunakan pengaruh mereka untuk mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan melalui...
Handout/Badminton Association of Indonesia/AFP

Laju Lee Zii Jia Belum Tertahan di BWF World Tour Finals 2021

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 02 Desember 2021, 14:47 WIB
Juara All England 2021 Lee Zii Jia terlihat tampil dominan sejak gim pertama saat menghadapi Toma Junior Popov dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya