Rabu 11 Januari 2023, 20:07 WIB

Warga Kabupaten Bandung Diminta Waspada Munculnya Wabah DBD

Naviandri | Nusantara
Warga Kabupaten Bandung Diminta Waspada Munculnya Wabah DBD

DOK MI
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Bandung Jawa Barat (Jabar) meminta  masyarakat untuk mewaspadai penyakit demam berdarah dengue (DBD). Apalagi, Kabupaten Bandung menjadi salah satu daerah dengan kasus DBD tertinggi di Jabar, bahkan kasus kematiannya juga paling tinggi dibandingkan daerah lain.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Marlan Rabu (11//1) mengatakan, kasus DBD biasa muncul saat musim hujan. Meskipun kini sebagian wilayah di Kabupaten Bandung jarang hujan, BMKG memprediksi, musim hujan masih akan terus berlangsung.

"Memang prediksi BMKG itu hujan bisa sampai Maret. Kita tetap harus waspada, berkaitan dengan penyakit-penyakit yang biasa timbul saat musim hujan atau menjelang berakhirnya musim hujan," jelasnya.

Menurut Marlan, salah satu penyakit penyakit yang muncul saat musim hujan ialah DBD, karena pada musim hujan, populasi nyamuk yang membawa penyakit DBD biasanya bertambah banyak karena jentik nyamuk akan menetas ketika habitat perkembangbiakannya tergenang air.

"DBD ini tidak hanya diatasi dengan membasmi nyamuknya, tapi juga dengan jentiknya. Masyarakat itu biasanya hanya meminta fogging, padahal itu hanya membunuh nyamuk, sedangkan yang harus dibunuh itu justru jentik nyamuk," jelasnya.

Marlan mengaku belum mengecek data terakhir kasus DBD di Kabupaten Bandung, karena baru beberapa hari memimpin Dinas Kesehatan. Meskipun begitu, dia mengakui bahwa kasus DBD sudah kembali bermunculan di Kabupaten Bandung.

"Memang lonjakan DBD belum terlihat, tapi per kasusnya sudah ada. Kami meminta kewaspadaan dari masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan, termasuk untuk melaporkan kejadian DBD agar bisa segera kami tindaklanjuti," tuturnya.

Marlan menekankan, masyarakat perlu menjaga kebersihan agar terhindar dari penyakit DBD maupun penyakit lainnya.Termasuk membersihkan sampah yang bisa menjadi tempat penampungan air hujan, karena itu bisa jadi tempat berkembang biak nyamuk.

Data Dinas Kesehatan Provinsi Jabar, pada Januari-September 2022 kasus DBD di Kabupaten Bandung tertinggi kedua setelah di Kota Bandung dengan 2.777 kasus DBD. Di periode yang sama, angka kematian akibat DBD di Kabupaten Bandung bahkan menjadi yang tertinggi di Jabar, yakni 37 kematian. (OL-15)

 

Baca Juga

ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo

Ada Festival Imlek, Ruas Jalan Menuju Pecinan di Denpasar Ditutup

👤Ruta Suryana 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 21:26 WIB
Festival Imlek Bersama merupakan rangkaian acara peringatan Tahun Baru Imlek yang digelar oleh Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Bali,...
Ist

Iluni UI Bangun Antara untuk Warga Terdampak Gempa Cianjur

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 21:15 WIB
Pada Kamis (26/1), pembangunan hunian sementara yang disebut Antara mulai dilaksanakan di Kampung Sirnagalih, Desa Benjot, Kecamatan...
MI/Heri S

Upaya Penyelundupan 87 Calon PMI Ilegal ke Arab Saudi Digagalkan

👤Heri Susetyo 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 20:45 WIB
Ke-87 PMI itu berasal dari NTT, Jember, dan Jawa Tengah. Mereka akan berangkat dari Terminal 2 Bandara Internasional Juanda di Kabupaten...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya