Jumat 06 Januari 2023, 14:48 WIB

Gagasan IKN Jokowi Dinilai Mampu Buka Peluang Ekonomi Baru

Mediaindonesia.com | Nusantara
Gagasan IKN Jokowi Dinilai Mampu Buka Peluang Ekonomi Baru

Setpres/Agus Suparto
Presiden Joko Widodo saat berkemah di Titik Nol Kilometer IKN Nusantara, Kalimantan Timur

 

PEMBANGUNAN Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang direalisasikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai mampu membukan peluang ekonomi baru bagi masyarakat. Sehingga gagasan IKN dapat mendorong kesejahteraan daerah dan masyarakat.

Bupati Penajam Paser Utara Hamdan mengatakan  pembangunan IKN membuat semua sektor bergeliat. Ia optimistis dengan direalisasikannya IKN oleh Jokowi, kesejahteraan masyarakat sekitar bakal meningkat.

“Berbagai sektor menggeliat karena sudah melihat peluang-peluang yang bisa ditangkap di IKN. Salah satunya adalah kesejahteraan masyarakat,” ujar Hamdan.

Hamdan juga melihat bahwa perpindahan IKN dari Jakarta ke Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim) merupakan upaya Jokowi mendorong pemerataan pembangunan. Sebab secara geografis, IKN berada di pusat Indonesia.

“Saya pikir IKN lahir memang untuk pemerataan pembangunan. Berubah dari Jawa Sentris menjadi Indonesia Sentris. Terutama yang kita rasakan yang awal merasakan adalah yang berada di sekitaran lokasi pembangunan,” tandasnya.

Presiden Jokowi berharap IKN mampu memperluas manfaat pembangunan ekonomi nasional. Apalagi Kaltim sebagai lokasi ibu kota baru merupakan provinsi yang memiliki konektivitas sangat baik dengan daerah-daerah lain.

Pembangunan IKN diyakini dapat menguatkan arus perdagangan lebih dari 50%. Di samping itu, IKN bakal menekan kesenjangan antardaerah yang satu dengan lainnya. (OL-8)

Baca Juga

Dok MI

Irma Chaniago: DPR Pertanyakan Pemerintah Soal Tambang Harita Nikel di Pulau Obi

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 12:35 WIB
Irma mengatakan pemerintah melalui dana CSR perusahaan tersebut wajib menyediakan air bersih dan membangun perumahan bagi...
MI/Retno Hemawati

Ratusan Tatung Ramaikan Perayaan Cap Go Meh di Singkawang

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 12:20 WIB
Ratusan tatung atau dukun Tionghoa yang kerasukan roh leluhur, Sabtu (4/2) pagi, melakukan ritual cuci jalan di dalam Kota Singkawang...
dok.ist

Tekan Angka Stunting dam Kemiskinan, Ganjar Luncurkan Program 'Kancing Merah'

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 12:04 WIB
GUBERNUR Jateng meluncurkan program Gerakan Cegah Stunting Masa Depan Cerah (Kancing Merah) dalam rangka menekan angka stunting untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya