Rabu 04 Januari 2023, 22:37 WIB

Polisi Selidiki Kebakaran Ratusan Kios Pasar Besi Tasikmalaya

Kristiadi | Nusantara
Polisi Selidiki Kebakaran Ratusan Kios Pasar Besi Tasikmalaya

MI/Kristiadi
Kebakaran menghanguskan ratusan kios di Pasar Besi, Jalan Cikurubuk, Kampung Cilimus, Kecamatan Mangkubumi, Tasikmalaya, Rabu (4/1).

 

POLISI melakukan penyelidikan untuk mencari penyebab kebakaran Pasar Besi Cikurubuk, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (4/1), yang menghanguskan ratusan kios serta kerugian materi, sehingga pedagang tidak bisa lagi berjualan di tempat itu.
 
Kapolsek Mangkubumi Iptu Hartono mengatakan, jajarannya bersama Tim Inafis dan Satuan Reskrim Polres Tasikmalaya Kota telah diterjunkan untuk melakukan penyelidikan dan olah tempat kejadian perkara.
 
"Terkait penyebab kebakaran sampai saat ini masih dalam penyelidikan dari Tim Inafis dan Satreskrim, dan untuk sementara api sudah berhasil dipadamkan," kata Hartono.
 
Ia menuturkan kepolisian mendapatkan informasi adanya kejadian  kebakaran di Pasar Besi dan juga Pasar Burung di Kota Tasikmalaya, Rabu sekitar pukul 7.30 WIB.
 
Kebakaran itu, kata dia, tidak menimbulkan korban jiwa, hanya menyebabkan ratusan kios berikut barang dagangannya terbakar.
 
"Kebakaran menghanguskan 151 kios, terdiri dari kios Pasar Besi yang 135 kios, dan kios Pasar Burung yang terbakar sebanyak 16 kios," katanya.
 
Ia menyampaikan lokasi kebakaran sudah dipasang garis polisi untuk memudahkan proses penyelidikan lebih lanjut oleh jajaran kepolisian.


Baca juga: Seratusan Penumpang Kapal Tujuan Kepulauan Sumenep Tertahan di Kalianget

 
Dugaan sementara penyebab kebakaran, kata dia, dari korsleting listrik, ditambah lagi kondisi bangunan yang semipermanen membuat api mudah menjalar dan menghanguskan bangunan.

"Didapati dari setiap blok hanya ada 1 KWH, sedangkan tiap blok terdiri dari puluhan kios, sehingga dari tiap kios ke yang lainnya dilakukan sambungan pararel melalui kabel, sangat rentan dan sangat berisiko untuk terjadinya korsleting listrik," katanya.
 
Kepala Satuan Samapta Polres Tasikmalaya Kota AK Sunarto menambahkan, sejumlah personel sudah diterjunkan untuk membantu pengamanan di lokasi kebakaran.
 
"Puluhan personel termasuk Tim SAR Sat Samapta turut serta mengamankan lokasi kebakaran di Pasar Besi dan Pasar Burung," katanya.
 
Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah menyampaikan, pemerintah daerah melalui petugas pemadam kebakaran sudah berupaya membantu menangani peristiwa kebakaran tersebut sampai dipastikan padam.
 
Selanjutnya, kata dia, sudah menerjunkan Satpol PP dibantu dengan petugas dari instansi lainnya untuk melakukan penjagaan di sekitar lokasi kebakaran pasar, dan juga membuat tenda darurat untuk penyimpanan barang.
 
"Akan ada tenda darurat dan tak ada yang tinggal di kios, akan disiapkan tenda untuk barang," katanya. (Ant/OL-16)
 
 
 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Aji Styawan

Banjir Masih Merendam Kota Semarang

👤Achmad Safuan 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 15:00 WIB
Bencana banjir masih merendam wilayah Kota  Semarang, sehingga warga tetap siaga apalagi diperkirakan cuaca ekstrem masih akan...
MI/Seno

Hakim Pengadilan Agama Dipecat karena Telantarkan Anak

👤Indriyani Astuti 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 14:50 WIB
Ia dilaporkan karena melakukan poligami, tidak mengakui anak, tidak menafkahi anak dan tidak memberikan contoh sebagai hakim...
MI/Amiruddin A.R

Harimau Masuk Perangkap di Aceh Selatan

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 13:59 WIB
BKSDA Aceh menyatakan seekor harimau sumatra (panthera tigris sumatrae) masuk kandang perangkap di kawasan Hutan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya