Rabu 13 April 2022, 09:24 WIB

11 Pengunjuk Rasa di Makassar Ditahan, 9 Positif Narkoba

Lina Herlina | Nusantara
11 Pengunjuk Rasa di Makassar Ditahan, 9 Positif Narkoba

AFP/Andri Saputra
Mahasiswa melempari batu ke arah aparat saat berdemonstrasi di Makassar, Senin (11/4).

 

KEPOLISIAN Resor Kota Besar (Polrestabes) Makassar mengamankan sebanyak 64 orang saat unjuk rasa yang berakhir bentrok di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (11/4). Setelah menjalani pemeriksaan dan dimintai keterangan, sebanyak 53 orang diperbolehkan pulang dan 11 lainnya tetap ditahan.

Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Makassar Komisaris Besar Budhi Haryanto mengatakan semua yang diamankan saat berunjuk rasa menjalani pemeriksaan di Markas Komando Brimob di Jalan KS Tubun Makassar.

"Mereka diperiksa lebih lanjut dan juga dilakukan tes urine, ditemukan sembilan orang positif mengkonsumsi narkotika jenis sabu. Lalu tiga lainnya ditemukan membawa senjata tajam (sajam) sehingga tetap ditahan," kata Budhi

Baca juga: Pemprov DKI Masih Kaji Sanksi Bagi Pelajar yang Ikut Demo

Dengan demikian, tegasnya, para pengunjuk rasa yang itu artinya kedapatan melanggar hukum dan akan menjalani proses hukum lebih lanjut. 

"Mereka yang positif sabu dan membawa sajam, akan dilanjutkan dan kita kembangkan tentunya," tegas Budhi.

Kasi Humas Polrestabes Makassar Ajun Komisaris Lando KS menambahkan, Kapolrestabes Makassar Kombes Budhi Haryanto, sebelum memulangkan mereka yang tidak terbukti melakukan pelanggaran atau tindak pidana, menasehati mereka agar fokus pada kuliah, tidak menyia-nyiakan harapan orangtua, dan jangan ikut-ikutan.

"Menyampaikan aspirasi itu dijamin konstitusi atau Undang-undang. Namun tetap sesuai dengan ketentuan yang berlaku, tidak merugikan kepentingan umum," tambah Lando mengutip yang dikatakan Budhi.

Sebelum pulang, mereka yang telah dimintai keterangan, diminta membuat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatan mereka, wajib lapor serta dilakukan konformasi ke pihak perguruan tinggi kebenaran mereka mahasiswa di kampus yang disebutkan.

"Kita selalu berusaha memanusiakan manusia agar selalu menjadi lebih baik, harapan polisi kiranya yang diamankan bisa berubah dan menjadi pemimpin bangsa di masa yang akan datang," lanjut Lando.

Lebih lanjut Budhi memastikan, pascakejadian bentrokan saat unjuk rasa 11 April kemarin, situasi Kota Makassar sudah dalam situasi aman dan kondusif. (OL-1)

Baca Juga

Antara/Fikri Yusuf

Tren Healing Melukat di Carangsari, Berkahnya Mengalir Hingga ke APBD Kabupaten

👤Iis Zatnika 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 23:09 WIB
Berkendara 90 menit saja dari Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, kita akan tiba di Desa Wisata Carangsari, Kabupaten Badung,...
Ist

Jogja Fair 2022 Digelar Bersamaan Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta 

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 23:00 WIB
Event berkelas yang memadukan dari segi bisnis, edukasi, dan hiburan ini akan dihelat di Jogja Expo Center pada 6-9...
DOK Sahabat Ganjar

Emak-Emak Kuningan Deklarasi Dukung Ganjar Pranowo

👤Widhoroso 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 21:35 WIB
DUKUNGAN terhadap Ganjar Pranowo untuk maju dalam pilpres 2024 terus mengalir. Kali ini, dukungan terhadap Gubernur Jawa Tengah itu datang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya