Sabtu 26 Februari 2022, 23:19 WIB

Bernol Tingge : Papua Bisa Maju Tanpa Eksplorasi Tambang 

Thomas Harming Suwarta | Nusantara
Bernol Tingge : Papua Bisa Maju Tanpa Eksplorasi Tambang 

Dok. Pribadi
Tokoh Pemuda Papua Bernolfus Tingge

 

TOKOH Muda Papua Bernolfus Tingge ikut mendorong penolakan masyarakat Papua khususnya Intan Jaya terhadap rencana eksplorasi dan eksploitasi tambang emas Blok Wabu di Intan Jaya. Industri ekstraktif tambang kata dia sudah cukup membuat masyarakat Papua menderita sampai hari ini. 

"Bicara tambang, Papua setop sudah. Cerita tambang mensejahterakan itu palsu semua. Justru Tambang emas itulah yang menjadi sumber konflik dan akar dari semua persoalan kemanusiaan di Papua hari ini," ungkap Bernol kepada wartawan, Sabtu (26/2). 

Dikatakan Bernol, investasi tambang tidak memberi dampak kesejahteraan apa-apa untuk masyarakat Papua. Justru masyarakat menerima dampak buruk karena membuat konflik baik antara masyarakat maupun dengan aparat yang membuat korban jatuh. 

Baca juga : Rumah Dinas Wali Kota Padang Dilempari Batu Oleh Geng Motor 

"Masalah HAM, Masalah kemiskinan itu ujung pangkalnya karena persoalan sumber daya alam, ya dari emas itu. Bukan malah dapat manfaat justru mudarat yang kami dapat," tegasnya. 

Maka itu Bernol meminta pemerintah untuk tidak memaksakan diri membuka tambang emas baru di Blok Wabu Intan Jaya. Pemrintah kata dia diharapkan untuk mencari cara lain untuk membangun Papua tanpa harus menambang. 

"Papua ini bisa sejahtera tanpa tambang. Potensinya luar biasa. Pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan bisa diberdyakan. Tanpa harus sibuk merusak alam dengan gali tambang. Kami tegas menolak pembukaan blok wabu di Intan Jaya," pungkas Bernol. (OL-7)

Baca Juga

DOK MI.

Banjir Bengkulu Genangi Ribuan Rumah, Pohon Tumbang Tewaskan Warga

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 14:00 WIB
Banjir berdampak pada 886 rumah warga di Kecamatan Muara Bangkahulu, Selebar, Sungai Serut, Ratu Agung, dan Kampung Melayu di Kota...
DOK MI.

Banjir Tinggi lagi hingga Lima Meter Landa Kota Bengkulu

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 13:34 WIB
Seorang warga Kelurahan Sukamerindu, Aminudin, berharap pemerintah menyalurkan bantuan pangan, air bersih, pakaian, tenda, dan sampan untuk...
Dok. Pemprov Jateng

Aplikasi Jalan Cantik Jateng Sudah Terima 7.190 Aduan, Sebagian Besar Sudah Ditangani

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 13:03 WIB
Hanung mengatakan, sejak awal diluncurkan 28 Juni 2019 lalu tercatat 7.190. Dari aduan itu, 1.253 sedang dalam proses...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya