Selasa 08 Februari 2022, 20:35 WIB

Kombes Valentino Resmi Geser Riko Jabat Kapolrestabes Medan

Yoseph Pencawan | Nusantara
Kombes Valentino Resmi Geser Riko Jabat Kapolrestabes Medan

MI/Yoseph Pencawan
Acara pelantikan Kapolrestabes Medan dan Kapolres Batubara yang baru di Aula Tribrata Mapolda Sumut, Selasa (8/2).

 

KOMBES Valentino Alfa Tatareda resmi mengambil alih tongkat komando Polrestabes Medan dari tangan Kombes Riko Sunarko, Selasa (8/2). Hal ini menyusul terkuaknya kasus suap bandar narkoba yang melibatkan sejumlah oknum pejabat Polrestabes Medan beberapa waktu lalu.

Kapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak melantik Kombes Valentino menjadi Kapolrestabes Medan setelah pada 24 Januari 2022 jabatan itu diisi plt Kombes Armia Fahmi.

Pada 22 Januari, Polri menonaktifkan Kombes Riko Sunarko terkait kasus suap dari bandar narkoba yang disangkakan kepada sejumlah perwira Polrestabes Medan. Ketika itu Kombes Riko dibebastugaskan meski kemudian dia dinilai tidak terlibat dalam kasus itu.

Alih-alih mengaktifkan kembali Kombes Riko, Polri memilih menggantikannya dengan Kombes Valentino. Lulusan Akpol 1994 itu pun kini sudah resmi menggantikan Kombes Riko yang kini dimutasi ke Div Propam Mabes Polri.

Valentino, perwira menengah Polri kelahiran 9 Juli 1972 ini sarat pengalaman di bidang lantas. Sebelum dilantik menjadi Kapolrestabes Medan, pria asal Tondano, Sulawesi Utara, itu menjabat sebagai Dirlantas Polda Sumut.

Selain Valentino, di Aula Tribrata Mapolda Sumut, Irjen Panca juga melantik Kombes Indra Darmawan Irianto sebagai Dirlantas yang baru, menggantikan Valentino. Kemudian dilantik juga AKBP Joce DC Fernandes sebagai Kapolres Batubara menggantikan AKBP Ikhwan Lubis.

Pada kesempatan itu Irjen Panca mengatakan menginginkan kinerja Polrestabes Medan lebih baik lagi. Terlebih Polrestabes Medan menjadi barometer polres-polres lain di jajaran Polda Sumut.

"Rapatkan barisan dengan internal maupun eksternal. Galang dan rangkul semua stakeholder, tokoh masyarakat, tokoh agama serta media sebagai mitra strategis," papar Kapolda.

Irjen Panca juga memberi penekanan kepada Kapolrestabes Medan dan Kapolres Batubara yang baru untuk memantapkan situasi kamtibmas di wilayahnya masing-masing. Keduanya juga diinstruksikan menjaga kondusifitas serta mempercepat akselerasi vaksinasi untuk mendukung program pemerintah menekan penyebaran pandemi Covid-19.

Tugas-tugas tersebut harus dilaksanakan melalui kerja sama, koordinasi serta sinergi yang baik dengan TNI dan pemerintah daerah. Irjen Panca juga mengingatkan keduanya bahwa jabatan yang diemban adalah amanah yang harus benar-benar dilaksanakan dengan baik sehingga kepercayaan terhadap Polri semakin meningkat dan dicintai masyarakat. (YP/OL-10)

Baca Juga

MI/MARCEL KELEN

Belum Ada Temuan PMK di Papua, Pemerintah Daerah Larang Ternak dari Luar pada Idul Adha

👤Marcel Kelen 🕔Minggu 26 Juni 2022, 11:25 WIB
Dinas Pertanian dan Pangan Papua berharap penyakit PMK tidak terjadi di...
MI/Lina Herlina

Siap Wujudkan Kemandirian Pangan, Lebih dari 5.000 Insan Pertanian Hadiri Pra Penas 2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 08:11 WIB
Lewat kegiatan ini diharapkan dapat terbangun sistem dan usaha agribisnis yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan melalui...
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

Hasil Lab BBVeteriner Maros Pastikan Kematian Sapi di Sulsel Negatif Antraks

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 08:08 WIB
Cuaca yang ekstrim akhir-akhir ini menyebabkan ternak dapat dehidrasi di area...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya