Jumat 21 Januari 2022, 15:24 WIB

Polda Sumut Periksa Dua Nakes RSU Delima terkait Dugaan Vaksin Kosong

Yoseph Pencawan | Nusantara
 Polda Sumut Periksa Dua Nakes RSU Delima terkait Dugaan Vaksin Kosong

MI/Yoseph Pencawan
Rumah Sakit Umum Delima di Kecamatan Medan Labuhan, Kota Medan, Sumatra Utara.

 

KEPOLISIAN Daerah Sumatra Utara mengusut dugaan pemberian vaksin kosong oleh dua tenaga kesehatan Rumah Sakit Umum Delima kepada seorang murid SD. Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi mengungkapkan saat ini pihaknya sedang melakukan pemeriksaan seorang vaksinator berinisial G dan petugas aplus berinisial W.

"Keduanya adalah tenaga kesehatan di RSU Delima Martubung," terangnya, Jumat (21/1).

Menurut Hadi pemeriksaan tersebut terkait dengan adanya dugaan pemberian vaksin kosong kepada seorang murid SD. Kasus ini menjadi atensi Polda setelah video dokumentasi yang diunggah pihak keluarga ke media sosial viral.

Menurut Hadi, pihaknya sudah mendalami video tersebut. Dari pendalaman itu diketahui bahwa peristiwa itu terjadi saat pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-12 tahun yang digelar Polsek Medan Labuhan, Polres Labuhan Belawan bekerja sama dengan RS Delima Martubung, di SD Wahidin Medan Labuhan, Senin (17/1).

Video tersebut direkam orangtua korban, K, saat anaknya, O, 11, sedang disuntik. Setibanya di rumah, orangtua korban memperlihatkan dan
mengirimkan video tersebut kepada keluarganya yang lain dan pada Kamis (20/1) video itu viral di media sosial.

Dalam video itu muncul dugaan spuit yang seharusnya berisi cairan vaksin Covid-19 berada dalam kondisi kosong saat disuntikkan.

baca juga: Vaksinasi Anak di Sukabumi Capai 62 Persen

Selain memeriksa kedua nakes, lanjut Hadi, Polda Sumut juga akan meminta keterangan saksi ahli. Pihaknya juga sudah menyita rekaman asli video dan spuit yang digunakan saat penyuntikan.

Polda Sumut pun, kata Hadi, sudah mengantongi daftar peserta vaksinasi dan telah mengambil sampel darah korban untuk diuji di laboratorium. Sampel darah akan diperiksa di laboratorium BPOM dan ahli dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumut.(N-1)

 

 

 

 

Baca Juga

DOK MI.

Banjir Terjang 11 Desa di Kabupaten Probolinggo

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:18 WIB
Di Desa Gending ada dua dusun yang terdampak banjir yakni Krajan sebanyak tercatat sebanyak 140 keluarga terdampak banjir genangan dan...
DOK MI.

Polda NTT Tetapkan Tersangka Baru Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:11 WIB
Randy kini sudah dalam penanganan Kejaksaan tinggi NTT setelah seluruh berkas perkara dugaan pembunuhan yang dilakukannya dinyatakan...
MI/Agus Utantoro

Elektrifikasi Jalur KA Solo Balapan-Palur Beroperasi Juli 2022

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 26 Mei 2022, 20:57 WIB
Menhub mengatakan, proyek elektrifikasi jalur KA Solo Balapan-Solo Jebres-Palur yang dimulai sejak 2020 ini merupakan bagian dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya