Senin 27 Desember 2021, 17:44 WIB

Dukung Potensi Kopi di Sumatera, Pusri Keluarkan Produk Baru Pupuk NPK

Dwi Apriani | Nusantara
Dukung Potensi Kopi di Sumatera, Pusri Keluarkan Produk Baru Pupuk NPK

ANTARA
Petani memanen buah kopi.

 

PT Pupuk Sriwidjaja Palembang mendukung peningkatan sektor perkebunan kopi di Sumatera lewat produk pupuk NPK khusus kopi.

Direktur Utama PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang, Tri Wahyudi Saleh, mengatakan pihaknya menilai potensi kopi di Sumatera sangat luas. "Karena itu kami merespon kebutuhan petani kopi di Sumatera dengan membuat NPK Kopi," katanya.

Tri menjelaskan perusahaan pun telah bekerjasama dengan Dinas Perkebunan untuk mengembangkan pemakaian pupuk NPK Kopi yang dihasilkan produsen pupuk tersebut. Ia menambahkan NPK Kopi dihadirkan sesuai dengan kebutuhan pelanggan yang memiliki formula dan spesifikasi khusus untuk tanaman tersebut.

Sebelumnya hasil uji coba NPK Kopi menunjukkan peningkatan panen rata-rata 51-62,5 persen. "Kami sudah uji coba selama 2 tahun di tiga daerah penghasil kopi, hasilnya ada peningkatan produksi petani," katanya.

Ia memaparkan petani di daerah itu mampu panen sebanyak 1,3 ton per ha dari semula hanya 0,8 ton per ha. Selain itu, uji coba juga dilakukan untuk tanaman menghasilkan milik petani di Kabupaten Lahat yang meningkat dari semula 1,45 ton per ha, menjadi 2,2 ton per ha.

Berdasarkan data Kementerian Pertanian, luas area tanaman kopi di Sumsel mencapai 249.963 ha. Angka tersebut merupakan terluas jika dibandingkan 4 provinsi tetangga di wilayah Sumatra Bagian Selatan. (OL-15)

Baca Juga

Dok. FKMK

Keunikan dan Kreativitas Masyarakat Kudus Dipamerkan Lewat Festival Kudus 2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 22:00 WIB
Eris Herryanto yang juga penanggungjawab ‘Festival Kudus 2022’ menjelaskan, ajang itu bertujuan memperkenalkan seni dan budaya...
Ist

Kiai Nurul Huda Ploso Akan Hadiri Istighasah Perdamaian Dunia di Surabaya

👤Widhoroso 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 20:38 WIB
PENGASUH Pondok Pesantren Al-Falah Ploso, Kediri, Jawa Timur, KH Nurul Huda Djazuli dipastikan hadir dalam acara doa bersama untuk...
Antara/Bagus Suryo

Widodo Terpilih Jadi Rektor Universitas Brawijaya 2022-2027 

👤Bagus Suryo 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 19:45 WIB
Widodo terpilih menjadi rektor mengungguli dua calon kuat lainnya, yaitu Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Imam Santoso dan Dekan Fakultas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya