Kamis 04 November 2021, 19:01 WIB

Majalengka Darurat Bencana Hidrometeorologi

Nurul Hidayah | Nusantara
Majalengka Darurat Bencana Hidrometeorologi

DOK MI
Bencana banjir.

 

MEMASUKI musim hujan, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat berstatus siaga darurat bencana hidrometeorologi. Posko siaga di lingkungan kecamatan hingga desa dan kelurahan dibentuk.

Status darurat bencana ditetapkan Bupati Majalengka, Karna Sobahi melalui surat Nomor 360/Kep.1088-BPBD/2021 tentang penetapan status siaga darurat bencana hidrometeorologi di wilayah Kabupaten Majalengka 2021-2022. Status siaga tersebut ditetapkan mulai 1 November 2021 hingga 31 Maret 2022.  Masa berlaku status siaga darurat dapat diperpanjang atau diperpendek atau dinaikkan statusnya sesuai dengan kebutuhan penyelenggaraan penanganan darurat bencana di lapangan.

"BPBD Majalengka segera melaksanakan upaya pencegahan, kesiapsiagaan, mitigasi, tanggap darurat serta rehabilitasi dan rekonstruksi bencana," kata Karna melalui surat edarannya.

Menindaklanjuti surat bupati Majalengka, Sekretaris Daerah (Sekda) Majalengka, Eman Suherman, menginstruksikan dibentuknya posko siaga mulai tingkat desa/kelurahan serta kecamatan. "Aparatur pemerintahan di kecamatan, desa/kelurahan bersiaga dan berkoordinasi dengan koramil, polsek serta relawan siaga bencana di wilayah masing-masing," tutur Eman, Kamis (4/11).

Mereka juga diminta untuk menyiapkan sarana dan prasarana yang diperlukan dalam rangka penyiagaan terhadap potensi bencana hidrometeorologi seperti banji, gerakan tanah atau tanah longsor, angin kencang serta resiko akibat bencana tersebut.

Eman juga meminta agar informasi potensi bencana hidrometeorologi disebarluaskan kepada masyarakat di wilayah masing-masing melalui berbagai saluran informasi yang seluas-luasnya. "Camat juga kami minta untuk melaporkan hasil pelaksanaan penanggulangan bencana di wilayahnya kepada Bupati Majalengka melalui BPBD," tutur Eman. (OL-15)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Punya Potensi Besar, Sumbar Jajaki Kerja Sama dengan Vietnam

👤Yose Hendra 🕔Selasa 28 Juni 2022, 18:39 WIB
Alasan kuat kerja sama sister city adalah banyaknya kesamaan kedua daerah di antaranya sama-sama memiliki pelabuhan dan potensi perikanan...
ANTARA/Rizal Hanafi

Dinpertan Purbalingga Mulai Lakukan Vaksinasi PMK

👤Lilik Darmawan 🕔Selasa 28 Juni 2022, 18:32 WIB
DINAS Pertanian (Dinpertan) Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng) telah  menerima 600 dosis vaksin penyakit mulut dan kuku...
ANTARA/JOJON

4 Wilayah Jabar Ini akan Uji Coba Beli Pertalite lewat Aplikasi

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 28 Juni 2022, 18:15 WIB
Pada periode 1 Juli nanti akan ada empat kota/kabupaten di Jawa Barat yang akan melakukan uji coba untuk transaksi pertalite dan solar bagi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya