Selasa 27 Juli 2021, 17:48 WIB

Seribu Anak di Kota Tasikmalaya Mengikuti Vaksinasi Massal 

Kristiadi | Nusantara
Seribu Anak di Kota Tasikmalaya Mengikuti Vaksinasi Massal 

MI/Kristiadi
Kapolresta Tasikmalaya, AKBP Doni Hermawan bersama Dinas Kesehatanmeninjau vaksinasi massal dikhususkan bagi anak berusia 12-17 tahun.

 

POLRESTA Tasikmalaya bersama Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, menggelar vaksinasi massal bagi anak berusia 12-17 tahun di Graha Asia Plaza, Selasa (27/7). Vaksinasi tersebut menggunakan vaksin sinovac dengan target sasaran 1.000 orang.

Kapolresta Tasikmalaya, AKB Doni Hermawan mengatakan, vaksinasi untuk anak ini merupakan yang kali pertama dilaksanakan di daerahnya dan ditargetkan sebanyak 1.000 anak dapat divaksinasi. Dalam pelaksanaannya, anak-anak mengantre sesuai protokol kesehatan untuk bisa divaksin dan mereka juga mengaku nyaman karena vaksinasi dilaksanakan di sebuah mal.

"Alhamdulillah, dari pagi terlihat antusias anak didampingi orangtua yang mengantar mereka untuk divaksin. Ini merupakan yang pertama kali di Kota Tasikmalaya. Kegiatan vaksinasi untuk anak ini dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 kepada anak-anak semakin masif, karena varian delta Covid-19 banyak menyasar kalangan anak," katanya, Selasa (27/7/2021).

Ia mengatakan, penyebaran kasus yang telah terjadi sudah ada anak-anak terpapar Covid-19 dan jumlahnya tersebut masih tidak sebanyak masyarakat dari kalangan usia lainnya. Akan tetapi, masyarakat juga mulai khawatir dengan varian delta ini lebih cepat menyebar kepada anak-anak dan Polresta Tasikmalaya langsung melakukan antisipasi menggelar vaksinasi.

"Kami melakukan vaksinasi massal terhadap anak-anak dengan harapan agar kekebalan tubuh anak terhadap penularan Covid-19 bisa meningkat setelah menjalani vaksinasi dan meminimalisir penyebaran covid, apalagi Kota Tasik masih PPKM level 4. Saya menghimbau, agar masyarakat tidak perlu ragu melakukan vaksinasi Covid-19 kepada anak dan selama ini berdasarkan arahan dari pemerintah pusat, anak yang berusia 12-17 tahun sudah sudah dapat menjalani vaksinasi," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi langkah kepolisian yang telah melaksanakan vaksinasi massal untuk anak-anak dan program vaksinasi perlu didukung oleh berbagai pihak tak hanya dari pemerintah. Karena, sekarang vaksinasi juga dilakukan oleh TNI, Polri dan Poltekkes tetap berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk vaksinasi kepada pelajar.

"Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya tak bisa menyasar semua kalangan usia terutamanya untuk divaksinasi dan selama ini petugas juga masih melakukan bagi kalangan lansia. Akan tetapi, dengan melakukan kegiatan vaksinasi masih terus dilakukan untuk mengejar target lansia tapi stok vaksin di Dinas Kesehatan juga mulai habis dan yang ada sekarang juga memang sudah disiapkan untuk suntikan kedua," paparnya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Tasikmalaya, Polar Silumi mengatakan, kegiatan vaksinasi bagi anak di Kota Tasikmalaya baru pertama kali dilakukan oleh Kepolisian dan Dinas Kesehatan untuk membantu progres percepatan vaksinasi demi menekan penyebaran Covid-19 dan harapan itu bisa cepat terkendalikan agar masyarakat bisa beraktifitas normal kembali.

"Kami para dokter bersama Kepolisian sengaja menggelar vaksinasi anak perdana ini dalam rangka membantu pemerintah kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya dan Asia Plaza untuk memberikan vaksin pada anak bersamaan dengan peringatan Hari Anak Nasional di wilayah Kota Tasikmalaya. Namun, dalam kegiatan yang dilakukannya antusias warga sangat tinggi melaksanakan kembali vaksin tahap kedua pada 28 hari," pungkasnya. (AD/OL-10)

Baca Juga

Antara

Capaian Vaksinasi Dosis Pertama di Sidoarjo Kurang dari 50%

👤Heri Susetyo 🕔Sabtu 18 September 2021, 17:01 WIB
Akibat capaian vaksinasi covid-19 yang relatif rendah, wilayah Sidoarjo masuk dalam level 3 berdasarkan asesmen Kementerian Dalam...
dok polres manggarai barat

Kapolres Manggarai Barat Puji Kekompakan Tim Atasi Pandemi

👤RO/Micom 🕔Sabtu 18 September 2021, 16:32 WIB
Rumah sakit di Manggarai Barat nihil pasien...
Ist

Maharani Kemala Foundation Gelar 2.000 Vaksinasi di Bali

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 18 September 2021, 12:30 WIB
Yayasan Maharani Kemala Foundation ditunjuk Staf Khusus Presiden untuk menyelengarakan 2.000 Vaksinasi untuk masyarakat umum dan penyandang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Ramai-Ramai Abai Laporkan Kekayaan

KPK mengungkap kepatuhan para pejabat membuat LHKPN tahun ini bermasalah. Akurasinya juga diduga meragukan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya