Jumat 09 Juli 2021, 23:15 WIB

Selama PPKM Darurat Teman Bus Tetap Melayani dengan Penyesuaian

Mediaindonesia.com | Nusantara
Selama PPKM Darurat Teman Bus Tetap Melayani dengan Penyesuaian

DOK Pribadi.
Teman Bus.

 

PEMBERLAKUAN Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat diberlakukan sejak 3 hingga 20 Juli 2021 untuk wilayah Jawa-Bali. Teman Bus tetap beroperasi melayani penumpang dengan beberapa penyesuaian.

"Teman Bus tetap beroperasi untuk memfasilitasi masyarakat, khususnya yang bekerja pada sektor esensial dan kritikal. Tentu ada pembatasan load factor menjadi 50%, pembatasan jam operasional, penerapan protokol kesehatan yang ketat, serta mengacu pada kriteria perjalanan yang ditetapkan oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19," ujar Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi dalam keterangan resmi, Jumat (9/7).

Teman Bus telah menetapkan pembatasan jam operasional yang dimulai sejak 3 Juli 2021. Selama PPKM Darurat di area Jawa-Bali berlaku, Teman Bus di kota Solo, Yogyakarta, dan Bali beroperasi sejak pukul 05.00 hingga 20.00 WIB. Pemangkasan jam operasional ini berlaku setiap hari hingga 20 Juli 2021. "Pembatasan jam operasional dan jumlah penumpang ini kami berlakukan demi menekan laju penularan covid-19 yang terus meningkat," jelasnya.

Selama pandemi covid-19, Teman Bus telah melakukan penerapan protokol kesehatan, pembatasan jumlah penumpang dari jumlah kapasitas tempat duduk, dan physical distancing (jaga jarak) mulai saat persiapan perjalanan, selama perjalanan, dan saat sampai tujuan atau kedatangan. Sejak diluncurkan pada Juni 2020 Teman Bus sudah menjalankan program Buy the Service (BTS) di lima kota yaitu Medan, Palembang, Solo, Yogyakarta, dan Bali.

Total armada mencapai 365 bus. Tarif hingga saat ini naik #TemanBusMasihGratis, masyarakat masih dapat menggunakan jasa layanan Teman Bus tanpa dipungut biaya.

"Saya mengajak masyarakat untuk mematuhi dan melaksanakan kebijakan PPKM Darurat demi keselamatan bersama. Bagi masyarakat yang masih harus beraktivitas karena bekerja di sektor esensial, dapat bepergian dengan aman dan nyaman menggunakan armada Teman Bus yang tetap beroperasi," tutupnya. (OL-14)

Baca Juga

MI/Ardi Teristi

Objek Wisata di Kaliurang Perlu Dukungan Transportasi Umum

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Sabtu 18 September 2021, 07:19 WIB
Kepala Dinas Perhubungan DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti menyampaikan pihaknya tengah mengkaji untuk menghidupkan kembali angkutan umum...
Antara/Andreas Fitri Atmoko

Gerakan Malam Hari Loro Blonyo Percepat Capaian Vaksinasi Covid-19 di Yogyakarta

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Sabtu 18 September 2021, 00:50 WIB
Melalui gerakan vaksinasi yang dilakukan Komunitas Loro Blonyo dibantu TNI dan Polri, saat ini masyarakat di sekitar pantai selatan...
 ANTARA/Adwit B Pramono

Pandemi Mereda, Kebutuhan Tepung Diprediksi Meningkat

👤Bayu Anggoro 🕔Jumat 17 September 2021, 23:25 WIB
Produsen terigu BOLA Deli terus memperluas jaringan distribusinya hingga ke seluruh...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Ramai-Ramai Abai Laporkan Kekayaan

KPK mengungkap kepatuhan para pejabat membuat LHKPN tahun ini bermasalah. Akurasinya juga diduga meragukan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya