Senin 05 Juli 2021, 13:41 WIB

Tim Gabungan Perketat Perbatasan Antar Provinsi

Faishol Taselan | Nusantara
Tim Gabungan Perketat Perbatasan Antar Provinsi

MI/Faisol T
Selama PPKM Darurat diterapkan, Pemprov Jatim memperketat setia tamu yang masuk ke kantor Gubernuran.

 

TIM gabungan melakukan penyekatan di semua perbatasan di Jawa Timur dan Jawa Tengah serta Bali. Penyekatan ini sebagai Langkah penanganan selama PPKM Darurat diberlakukan.

''Polda Jatim tidak menggunakan kata penyekatan, tapi pengendalian kendaraan, mereka yang masuk di Surabaya diawasi secata ketat,'' kata Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Latif Usman di Surabaya, Senin (5/7).

Saat ini tercatat ada 7 pos pengendalian yang ada di perbatasan antarprovinsi, 86 titik pengendalian antar-rayon dan antarkabupaten, serta 75 titik di dalam wilayah.

Baca Juga:Ruang IGD di Belasan RS di Surabaya Tutup

Untuk operasi pengendalian antarprovinsi dan antarrayon, masyarakat akan diperiksa surat tugas, hasil tes antigen negatif dan kartu vaksinasi. Di luar itu, mereka akan diminta untuk putar balik.

Salah satunya seperti pemeriksaan yang ada di Bundaran Waru. Petugas akan memeriksa setiap pengendara dari luar Surabaya yaang akan masuk Surabaya.

Hanya yang memiliki kepentingan yang boleh masuk, seperti bekerja atau berobat. ''Orang yang mau memasuki wilayah Surabaya, akan diecek agar hanya yang memiliki kegiatan di Surabaya yang boleh masuk dengan menujukkan hasil rapid antigen dan yang sudah divaksin,'' kata Latif.

Tidak hanya di perbatasan, operasi pengendalian juga dilakukan di wilayah. Seperti di Surabaya yang merupakan zona merah di Jawa Timur, digelar penutupan beberapa jalur dan penegakan protokol kesehatan di restoran dan mal.

''Di Surabaya sendiri ada pembatasan. Kita akan mengadakan rekayasa lalu lintas, penutupan maupun pengalihan arus, penegakan protokol kesehatan di restoran, mal yang ditutup sementara, dan patroli,'' tambahnya.

Operasi pengendalian di puluhan titik tersebut digelar 24 jam hingga PPKM Darurat resmi berakhir. Operasi pengendalian ini juga tidak berbeda jauh dari Operasi Ketupat jelang Hari Raya Idulfitri beberapa waktu lalu.

''Kegiatan ini mungkin akan mengganggu aktivitas masyarakat. Tapi kita hanya ingin memutus mata rantai penyebaran Covid-19 agar orang yang tidak berkepentingan tetap di rumah,'' tegasnya. (FL/OL-10)

Baca Juga

Dok. teman Sandi

Asah Kreativitas Warga di Pati, Teman Sandi Gelar Berbagai Lomba dan Donasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 19:20 WIB
Lomba tersebut bertujuan untuk meningkatkan rasa kekompakan dan solidaritas antar sesama. Hasil lomba ini mengambil tiga pemenang untuk...
DOK MI

Status Gunung Merapi Masih Siaga

👤Widhoroso 🕔Senin 16 Mei 2022, 19:17 WIB
BALAI Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) masih mempertahankan status Gunung Merapi pada Level III atau...
DOK MI

Cegah Penyebaran PMK, Lamongan Sekat Pintu Masuk dan Tutup 2 Pasar Besar Hewan

👤M Yakub 🕔Senin 16 Mei 2022, 19:07 WIB
PEMKAB Lamongan Jawa Timur terus berupaya melakukan pencegahan dan percepatan penanganan kasus agar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) tidak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya