Minggu 18 April 2021, 17:45 WIB

Pemkab Malang Akan Perbaiki 1.522 Rumah Warga Korban Gempa

Bagus Suryo | Nusantara
Pemkab Malang Akan Perbaiki 1.522 Rumah Warga Korban Gempa

ANTARA/Ari Bowo Sucipto
Sejumlah anggota TNI dikerahkan membangun rumah korban gemba di Jogomulyan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

 

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Malang, Jawa Timur, menggelontorkan  anggaran bedah rumah untuk membangun rumah korban gempa. Pembangunan rumah korban bencana itu agar warga tidak berlama-lama berada di tenda pengungsian.

"Kita setiap tahun membedah 2.500 rumah warga. Masih ada sisa. Bedah rumah sekarang untuk 1.522 rumah korban gempa yang rusak berat," tegas Bupati Malang Muhammad Sanusi, Minggu (18/4).

Sanusi menjelaskan rumah layak huni berukuran 8 x 6 meter sengaja dialokasikan bagi setiap korban gempa. Bila tanah warga lebih kecil, lanjutnya, luas bangunan rumah akan menyesuaikan dengan lahan atas seizin warga.

Saat ini, Pemkab Malang mempercepat pembangunan rumah layak huni serentak di semua desa terdampak gempa sembari menunggu bantuan dari BNPB. Nantinya rumah tahan gempa yang ada bisa dibangun lagi oleh warga menggunakan bantuan dari BNPB, yaitu Rp10 juta untuk rumah rusak ringan, Rp25 juta rusak sedang dan Rp50 juta rusak berat.

"Korban gempa bisa juga menggunakan bantuan yang mereka terima untuk modal kerja memulihkan ekonomi pascagempa," ujarnya.

Sejauh ini petugas Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Kabupaten Malang sudah membuat perencanaan dan desain rumah layak huni tahan gempa termasuk kebutuhan pekerja. Seluruh bahan bangunan batu bata, semen dan atap baja ringan sudah disiapkan, nantinya pengerjaan dengan dukungan personel TNI dan Polri. Pengerjaan rumah layak huni bisa juga melibatkan warga setempat. (OL-15)

Baca Juga

MI/Hijrah Ibrahim

KJTV Malut Bagikan Mushaf Al-Quran Hingga Paket Sembako di Haltim

👤Hijrah Ibrahim 🕔Senin 10 Mei 2021, 10:49 WIB
Tim menggunakan sepeda motor singgah ke beberapa kecamatan di kabupaten memberi bantuan Alquran, Iqra hingga...
Ist

Pembangunan Batam Meningkat Pascadualisme Pengelolaan Dihapuskan

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 10 Mei 2021, 10:44 WIB
Data BPS mencatat pertumbuhan ekonomi Batam pada 2019 mencapai angka 5,92% dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya sebesar...
DOK PEMPROV SUMSEL

Herman Deru Launching SONGKET, Aplikasi Deteksi Dini Karhutla

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 10 Mei 2021, 10:21 WIB
Gubernur Sumsel Herman Deru bangga karena Sumsel sudah mampu membuat inovasi baru untuk melakukan deteksi dini atas potensi terjadinya...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Berharap tidak Ada Guncangan Baru

LAPORAN Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan ekonomi Indonesia pada triwulan I 2021 tumbuh di angka -0,74% (year on year/yoy).

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya