Jumat 04 Desember 2020, 06:13 WIB

835 Personel Polisi Amankan Pilkada Maluku Utara

Hijrah Ibrahim | Nusantara
835 Personel Polisi Amankan Pilkada Maluku Utara

MI/Hijrah Ibrahim
Apel Serpas di Polda Maluku Utara, Kamis (3/12/2020). Sebanyak 835 personel polisi diterjunkan untuk mengamankan Pilkada Maluku Utara.

 

SEBANYAK 835 personel Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara diperbantukan ke 8 kabupaten Kota diprovinsi Maluku Utara untuk pengamanan TPS, pada pilkada serentak 9 Desember 2020. Para prajurit sebelum menjalankan tugas pengamanan Pilkada, harus menjalani rapid test covid-19.

Kapolda Maluku dalam arahannya menyampaikan, apel serpas ini merupakan wujud kesiapan Polda Malut dalam pengecekan terakhir terhadap kesiapan personel, materiil maupun peralatan dalam rangka pengamanan TPS pada Pilkada pemilihan bupati-wakil bupati dan wali kota beserta wakilnya di wilayah Maluku Utara.

"Kepada seluruh personel, agar yang ditugaskan melakukan pengamanan untuk senantiasa mempertajam deteksi dini terhadap setiap perkembangan situasi yang berpotensi mengarah menjadi gangguan kamtibmas," kata Kapolda, Kamis (3/12).

Kapolda menyatakan pelaksanaan Pilkada tahun ini berbeda dari tahun sebelum-sebelumnya karena bertepatan dengan situasi pandemi Covid-19. Sehingga wajib dalam menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

"Setiap personel Polda Malut wajib menjaga komitmen dan netralitas pada masa tenang maupun masa pemungutan suara," tegasnya.

Sementara itu ditempat terpisah, Kabidhumas Polda Malut menyampaikan, dalam kegiatan apel pergeseran pasukan tersebut, setiap personel dibekali dengan APD Protokol kesehatan, masker dan hand sanitizer secara simbolis diberikan Kapolda Malut kepada perwakilan personel Polda Malut. Mereka juga menjalani rapid test covid-19.

baca juga: 117 Pengawas TPS di Malut Reaktif

"Apabila dari rapid test yang dilakukan terdapat personel yang reaktif, maka akan diganti personel tersebut dengan orang lain, tapi saya tegaskan bahwa semua personel yang terlibat PAM TPS terbebas dari covid-19," pungkasnya. (OL-3)

Baca Juga

dok.mi

KPU Sumenep: Achmad Fauzi-Dewi Khalifah Pemenang Pilkada 2020

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 24 Januari 2021, 02:35 WIB
KPU Sumenep, Jawa Timur menetapkan Achmad Fauzi-Dewi Kholifah sebagai pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumenep terpilih berdasarkan...
MI/Solmi

Puluhan Alat Berat Penambang Ilegal Bebas Beroperasi di Aceh Barat

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Minggu 24 Januari 2021, 01:45 WIB
SEKITAR 100 unit alat berat eskavator jenis becho masih beroperasi melakukan penambangan ilegal di kawasan hutan lindung Kabupaten Aceh...
MI/Gabriel Langga

Longsor Isolir Sepuluh Desa di Ende

👤Gabriel Langga 🕔Minggu 24 Januari 2021, 00:25 WIB
AKIBAT longsor yang terjadi di Desa Ranggase, Kecamatan Wolowaru, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, memutus transportasi di sepuluh desa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya