Selasa 30 Juni 2020, 13:11 WIB

Cari Calon Wabup, Nasdem Gunung Kidul Terbuka untuk Berkoalisi

Ardi Teristi Hardi | Nusantara
Cari Calon Wabup, Nasdem Gunung Kidul Terbuka untuk Berkoalisi

MI/ARDI TERISTI HARDI
Ketua DPD Nasdem Gunung Kidul, Suparja (berpeci)

 

WALAU memiliki 9 kursi di DPRD Gunungkidul, Partai NasDem Gunung Kidul menyampaikan terbuka untuk berkoalosi dengan partai lain di Pilkada Gunung Kidul. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua DPD Nasdem Gunung Kidul, Suparja kepada mediaindonesia.com, di Gedung DPRD DIY, Selasa (30/6).

Suparja menyampaikan, pihaknya tengah mencari wakil bupati. Untuk posisi Bupati, NasDem sudah mempunyai calon yang akan diusung, yaitu Wahyu Purwanto. Pria kelahiran 21 November 1961 (58 tahun) tersebut pernah lama menjadi dosen di UGM. Dengan perolehan 9 kursi DPRD di Kabupaten Gunung Kidul dari total 45 kursi di DPRD Kabupaten Gunung Kidul, Nasdem seharusnya bisa mengusung paslon Bupati dan Wakil Bupati Gunung Kidul sendiri. 

"NasDem merasa perlu dengan sahabat-sahabat partai lain berkoalisi untuk bersama-sama membangun Gunung Kidul yang kita cintai ini," kata Suparja.

Suparja menyampaikan, membangun Gunung Kidul tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri, tetapi harus dilakukan secara bersama-sama. Jika pembangunan dilakukan bersama-sama, Suparja meyakini Gunung Kidul akan terus semakin baik. Ia brharap, pihaknya bersama partai koalisi dapat menemukan sosok wakil bupati yang tepat. Kriteria wakil bupati yang dicari adalah tokoh Gunung Kidul yang dikehendaki oleh masyarakat Gunung Kidul.

"Ia harus paham dan peduli dengan Gunung Kidul," kata dia. 

Dengan demikian, perolehan suara paslon yang diusung Nasdem bersama partai koalisi dapat semakin tinggi. Sementara itu, Ketua KPU Provinsi DIY, Hamdan Kurniawan menyampaikan tahapan pelaksanaan Pilkada serentak 2020 terus berjalan. Ada tiga kabupaten di DIY yang akan menggelar Pilkada serentak pada 9 Desember 2020.

baca juga: KPU Ngada Mulai Verifikasi Faktual Paslon Perseorangan

Anggaran dari pusat dalam bentuk Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) sudah diterima tiga kabupaten di DIY yang akan melaksanakan Pilkada serentak. Masing-masing menerima sekitar Rp3 Miliar.

"Pengiriman anggaran akan dibagi dalam tiga termin," pungkas Hamdan. 

Selain itu, anggaran pelaksanaan Pilkada juga akan dipenuhi dari APBD. Total TPS untuk Pilkada di 3 Kabupaten di DIY berjumlah 6.253, dengan rincian 2.205 TPS di Bantul, 1.907 TPS di Gunungkidul, dan 2.141 di Sleman.  Total pemilih di tiga kabupaten diperkirakan berjumlah 2,1 juta, dengan rincian 722.098 di Bantul, 607.765 di Gunungkidul, dan 831.069 di Sleman. (OL-3)


 

Baca Juga

DOK Pribadi.

Tumbuhkan Gotong Royong, Tani Center IPB Gandeng PC NU Klaten

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 22:17 WIB
Tani Center IPB University, dengan berbekal kebanggaan terhadap kebinekaan bangsa serta pengetahuan tentang pertanian ekologis, berkomitmen...
MGN/ Triawati Prihatsari

Kapolda Jateng: Ledakan di Asrama Polisi Akibat Kelalaian Anggota

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 25 September 2022, 22:15 WIB
"Artinya saya pastikan bahwa ledakan di wilayah kita di daerah Sukoharjo, tidak ada unsur teror," ujar Kapolda...
Antara

Warga Evakuasi Polisi Korban Ledakan ke RS Moewardi Surakarta

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 25 September 2022, 21:45 WIB
Adapun ledakan kencang itu memakan satu korban, yakni Bripka Dirgantara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya