Kamis 27 Oktober 2022, 20:06 WIB

Pemkot Bekasi Resmi Luncurkan SPKLU

Rudi Kurniawansyah | Megapolitan
Pemkot Bekasi Resmi Luncurkan SPKLU

MI/Rudi Kurniawansyah
Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto, Kamis (27/10), secara resmi meluncurkan sebanyak 104 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum milik PLN.

 

PELAKSANA tugas (Plt) Wali Kota Bekasi Tri Adhianto hari ini secara resmi meluncurkan sebanyak 104 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) milik PLN yang akan disebar pada berbagai titik pusat perbelanjaan maupun stasiun di Kota Bekasi.

Tri mengatakan SPKLU merupakan peluang bisnis yang harus dimanfaatkan oleh produsen dalam negeri. Pemerintah telah mengeluarkan regulasi terkait infrastruktur pengisian listrik untuk Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) yang memberikan kemudahan pada investasi SPKLU.

"SPKLU yang baru saja hari ini diluncurkan akan disebar pada sejumlah titik pusat perbelanjaan atau stasiun di Kota Bekasi. Sebanyak 104 SPKLU yang nantinya akan tersedia," kata Tri usai peluncuran SPKLU di Kantor PLN Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis (27/10).

Ia menjelaskan, pihaknya terus mendorong dan mempercepat pembangunan SPKLU. Sejauh ini, pihak PLN Kota Bekasi sudah menyiapkan tempat pengisian kendaraan listrik di berbagai titik di Kota Bekasi.

Perkembangan yang semakin maju di era saat ini dengan menggunakan transportasi listrik menunjukkan percepatan pertumbuhan ekonomi yang meroket nantinya.


Baca juga: Gelar Bakti Sosial, Rano Karno: Cerminkan Nilai Gotong Royong


"Dengan PLN Kota Bekasi yang terus menyebarkan pengisian listrik di berbagai titik Kota Bekasi akan menjadikan masyarakat yang sudah mempunyai transportasi kendaraan listrik akan semakin mudah untuk pengisian mobil atau motornya. Tentu ini salah satu bagian pelayanan Pemkot Bekasi untuk masyarakat dalam penggunaan transportasi listrik," jelasnya.

Ia mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi kegiatan peresmian peluncuran SPKLU dengan penempatan 104 pengisan listrik di Kota Bekasi. Diketahui SPKLU saat ini hanya ada di Stasiun Bekasi Timur. Adapun PLN akan terus menempatkan SPKLU agar masyarakat semakin mudah dalam pengisian mobil atau motor listrik di Kota Bekasi.

Ia menambahkan, pihaknya akan mendorong pemakaian teknologi yang berkembang pada era digial yang bersumber dari energi listrik. Selain itu, juga mendorong dan mendukung kesiapan pemerintah mengenai transportasi kendaraan listrik dan menyiapkan tempat atau titik-titik mana yang akan disediakan SPKLU di Kota Bekasi.

Pada kesempatan itu, Tri juga sempat mencoba kendaraan mobil listrik. Dia merasakan bagaimana berkendara tanpa adanya suara mesin yang berisik. Mobil dengan sumber energi listrik mampu menempuh kecepatan 160 Km per jam namun masih terkendala keterbatasan pengisian listrik di berbagai lokasi.

"Ternyata begini ya ngendarain mobil listrik. Sama sekali gak ada suaranya. Semua bersifat elektronik. Pada era yang begitu maju ini, kita harus siap mengikuti perkembangan zaman yang nantinya akan bersumber dari energi listrik," pungkasnya. (OL-16)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Satu Polisi Tewas Imbas Ledakan Bom di Polsek Astanaanyar

👤Khoerun Nadif R 🕔Rabu 07 Desember 2022, 13:47 WIB
"Update korban peristiwa bom bunuh diri TKP Polsek Astanaanyar dari anggota Polri, satu orang MD (meninggal dunia), tiga luka berat,...
dok.mi

Modus ke Toilet, Perampok Gasak Uang Minimarket di Jagakarsa Rp77 Juta

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 07 Desember 2022, 13:35 WIB
DUA orang perampok beraksi di sebuah minimarket di Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan, dengan modus menumpang ke toilet. Kedua...
Antara

Dugaan Bom Bunuh Diri di Polsek Astanaanyar, Densus: Kami Sedang Dalami Peristiwa

👤Khoerun Nadif R 🕔Rabu 07 Desember 2022, 10:10 WIB
"Mohon waktu dan tetap tenang. Sekali lagi Densus 88 sedang bekerja cepat mendalami peristiwa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya