Minggu 11 September 2022, 18:21 WIB

Tanah Longsor Timpa Rumah di Sukma Jaya Depok, Seorang Warga Terluka

Kisar Rajaguguk | Megapolitan
Tanah Longsor Timpa Rumah di Sukma Jaya Depok, Seorang Warga Terluka

DOK.MI
Ilustrasi tanah longsor

 

BENCANA tanah longsor terjadi di sejumlah titik di Kota Depok, Jawa Barat. Salah satunya Kelurahan Bakti Jaya, Kecamatan Sukma Jaya.

Kepala Bidang Operasional dan Pengendali pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok Welman Naipospos menyebutkan, ada beberapa rumah warga yang tertimbun. Selain itu, material longsor berupa lumpur, batu besar, dan sampah juga menutup lingkungan jalan.

Hingga kini, pendataan masih dilakukan guna memastikan kerusakan material akibat longsor tersebut.

"Iya, ada rumah yang tertimbun, bahkan ada akses jalan yang terputus akibat material longsor yang terjadi tadi malam," kata dia di Depok, Minggu (11/9).

Ia mengatakan, pihaknya kini sudah turun langsung ke lokasi bencana. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-Pera) untuk mengerahkan alat berat guna melakukan evakuasi terhadap material longsor yang menutup rumah dan lingkungan jalan.

Ia menyesalkan Dinas PU-Pera yang terlambat tiba di lokasi longsor. Selaku dinas teknis yang menangani longsor, lanjutnya, Dinas PU-Pera seharusnya bergerak cepat untuk menindaklanjuti.


Baca juga: Waspada Cuaca Ekstrem dan Hujan Lebat Sepekan ke Depan di Jakarta


"Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas PUPR untuk segera menerjunkan alat berat dan anggota ke lokasi. Tapi mereka baru tiba setelah kami dan warga setempat mengevakuasi material tanah yang longsor ke tempat aman," ungkap Welman.

Wilayah Kota Depok diguyur hujan deras sejak Sabtu (10/9) malam hingga Minggu dini hari. Kondisi itu menjadi penyebab tanah longsor di berbagai tempat.

Dari informasi yang dihimpun, ada tiga titik longsor di Kota Depok. Material tanah longsor di tiga titik longsor itu tidak menimbulkan korban jiwah hanya luka.

Cecep Sarifuddin, warga yang terdampak musibah bencana tanah longsor dan mengalami cedera, mengatakan dapur rumahnya di RT 009 RW 02, Kelurahan Bakti Jaya, Kecamatan Sukma Jaya, rusak lantaran tertimbun material tanah.

Menurut Cecep, pada saat itu tanah di bagian belakang rumah tidak kuat menahan curah hujan. Apalagi, saluran air lingkungan di dekat rumahnya tersumbat karena dipenuhi sampah.

"Akibat dorongan air menyebabkan tanah longsor dan sampah menimbun dinding belakang rumah. Pihak Damkar turun langsung mengevakuasi material longsor dengan dibantu tetangga," ungkapnya. (OL-16)

Baca Juga

MI/ Ramdani

Update 30 September 2022: DKI Jakarta Catat 734 Kasus Covid-19 Hari Ini

👤MGN 🕔Jumat 30 September 2022, 23:55 WIB
Kasus covid-19 di Indonesia bertambah 1.857 pada hari...
Dok. akun IG @lestykejora

Polisi akan Jadwalkan Pemeriksaan Rizky Billar Soal Kasus KDRT

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 30 September 2022, 22:03 WIB
Namun, Polda Metro Jaya belum membeberkan lebih jauh terkait jadwal pemeriksaan Rizky Billar atas kasus dugaan KDRT yang dilaporkan sang...
DOK @lestykejora di Instagram.

Polisi akan Cek Kondisi Psikologis Lesti Kejora Korban KDRT

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 30 September 2022, 16:49 WIB
Polisi bakal mengecek kondisi psikologis penyanyi dangdut Lesti Kejora setelah diduga menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT)...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya